Punya Nyali yang Besar? 8 Olahraga Menantang Ini Akan Memacu Adrenalinmu!

Rock Climbing

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Rutinitas berolahraga juga merupakan gaya hidup yang baik untuk diterapkan. Hal tersebut dapat membantu kita menjalani hidup yang sehat.

Ada beberapa jenis olahraga yang mungkin sudah kamu kenal. Senam kebugaran dan olahraga pernainan adalah jenis olahraga yang paling umum dan paling sering dilakukan banyak orang. Namun ternyata ada juga jenis olahraga lain yang berbeda dari yang mungkin biasa kamu lakukan. Olahraga tersebut bisa jadi tadinya berupa olahraga permainan ataupun kebugaran namun dimodifikasi menjadi olahraga yang lebih ekstrim. Beberapa olehraga ini mampu memacu adrenalin dan menantang seberapa besar keberanianmu.

1. Parkour

Gambar via blog.awma.com

Parkour merupakan olahraga ekstrim yang sangat mengandalkan fisik. Prinsip dari parkour itu sendiri adalah berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan efisien. Biasanya, para pemain parkour akan melakukan lompatan dari satu tempat ke tempat lain. Tergolong ekstrim karena lompatan yang dilakukan biasanya dari lokasi yang cukup tinggi dan berbahaya seperti gedung atau atap rumah.

Selain memerlukan keberanian, kamu juga memerlukan skill yang cukup baik untuk mencoba olahraga ini. Parkour mengandalkan kelenturan tubuh dan akurasi yang baik saat mendarat. Kesalahan kecil bisa sangat membahayakan nyawa dalam olahraga ini. Resiko cidera seperti keseleo, patah maupun retak tulang serta gegar otak bisa saja terjadi jika kamu tidak memiliki bekal keterampilan yang cukup untuk melakukan parkour tersebut.

2. Mountain Biking

Gambar via oppositelock.kinja.com

Mountain Biking pada dasarnya adalah olahraga bersepeda. Hanya saja, mountain biking menggunakan jalur atau arena khusus yaitu pegunungan. Umumnya, mountain biking dilakukan secara berkelompok.
Olahraga ini sekilas terlihat mudah. Akan tetapi, perlu keahlian khusus dan tentu saja stamina dan nyali yang cukup besar.

Mountain biking tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu perlu menyiapkan setidaknya sepeda khusus untuk medan pegunungan karena jalur yang akan dilalui tentu saja tidak akan semulus jalan raya. Sebelum melakukan mountain biking kamu harus mempersiapkan segala peralatan penunjang seperti sepeda, helm, sepatu, serta pengaman tangan dan kaki. Selain itu, ada baiknya mencari informasi sebanyak mungkin tentang jalur pegunungan yang akan kamu lalui. Hal tersebut setidaknya akan membuat kamu lebih bersiap diri dan meminimalisir resiko yang mungkin saja terjadi.

3. Sandboarding

Gambar via thedubaisafari.com

Sebetulnya, sandboarding memiliki konsep yang sama dengan snowboarding maupun skateboarding. Hal yang membedakan adalah lokasi dimana kegiatan tersebut dilakukan. Jika snowboarding dilakukan di salju maka sandboarding dilakukan di pasir. Itulah mengapa sandboarding populer di negara-negara timur tengah maupun negara-negara pesisir.

Di Indonesia, kamu bisa mencoba olahraga ini di beberapa tempat. Salah satu tempat paling populer untuk kegiatan sandboarding di Indonesia terletak di pantai Parangkusumo Yogyakarta. Di sana terdapat sebuah wahana sandboarding yang terkenal dengan sebutan Gumuk Pasir Parangkusumo. Setiap sore terutama diakhir pekan, wahana pasir ini selalu dipenuhi pengunjung yang bermain sandboarding. Kegiatan ini bisa menjadi alternatif hang out yang menarik untuk kamu dan teman-temanmu sambil melihat matahari tenggelam.

4. Surfing

Gambar via costaricasailing.net

Surfing atau selancar ombak merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di dunia. Bahkan, turnamen surfing tingkat internasional tidak pernah absen diadakan. Kegiatan berselancar menantang ombak ini merupakan salah satu olahraga kegemaran para pecinta olahraga ekstrim.

Olahraga ini tergolong ekstrim dan berbahaya, karena selain memacu adrenalin olahraga ini juga mempertaruhkan nyawa. Dalam melakukan surfing, seorang surfer hanya berbekal papan seluncur dan keterampilan berenang yang baik. Selebihnya, semua tergantung ombak dan keterampilan. Jika kamu belum mempunyai keterampilan berenang yang baik, ada baiknya mempertimbangkan kembali sebelum mencoba olahraga yang satu ini.

5. Rock Climbing

Gambar via earthporm.com

Rock climbing adalah jenis olahraga yang umum dipelajari oleh tim pecinta alam. Kegiatan ekstrim ini menuntut stamina dan kekuatan otot-otot anggota gerak. Hal tersebut menjadi penting karena tumpuan utama dalam melakukan kegiatan rock climbing atau panjat tebing adalah tangan dan kaki.

Untuk mempelajari olahraga ini, kamu bisa memulainya dengan latihan panjat dinding. Latihan tersebut tentu saja bertujuan untuk membiasakan dan menguatkan otot anggota gerak serta mempelajari teknik memanjat tebing dengan benar. Jika kamu sudah cukup menguasai teknik memanjat dengan benar, kamu bisa mulai untuk belajar memanjat tebing terbuka.

Pemanjat tebing profesional biasanya hanya berbekal kapur dan hammer hook saat memanjat. Hal beresiko tersebut tentu saja berani dilakukan dengan pengetahuan dan keterampilan yang baik. Ketika kamu baru mulai mencoba olahraga ini, sebaiknya lakukan secara tim dan jangan lupa kenakan tali pengaman untuk menghindari serta meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan.

6. Sledging

Gambar via 360quennstown-wanaka.com

Sledging merupakan olahraga ekstrim yang mirip dengan arung jeram. Hal pokok yang membedakan adalah penggunaan papan seluncur seukuran setengah badan untuk mengarungi jeram. Dengan kata lain, sledging adalah olahraga yang mengharuskan kita mengarungi jeram hanya dengan bantuan sebuah papan berukuran setengah badan sebagai tumpuan kita.

Untuk melakukan sledging, setidaknya kamu harus memiliki keterampilan berenang yang cukup baik. Ketika melakukan sledging, kamu harus memberanikan diri mengikuti arus deras sungai hanya dengan bantuan sebuah papan. Karenanya, kamu juga perlu memasang alat pengaman bahu, siku dan lutut untuk meminimalisir resiko cidera karena terantuk bebatuan sungai.

7. Iron Sport

Gambar via sites.psu.edu

Iron sport merupakan olahraga ekstrim dan unik yang nge-trend sekitar enam tahun belakangan. Olahraga ini tergolong unik karena memadukan olahraga ekstrim dan kegiatan rumah tangga. Iron sport merupakan kegiatan menyetrika di ketinggian atau di kedalaman air.

Kamu harus punya nyali yang sangat besar untuk mencoba olahraga ini. Jika cukup bernyali, kamu bisa menikmati sensasi menyetrika pakaian sambil melakukan rock climbing. Menyeberangi bukit dengan menggunakan tali ataupun menyelam bersama ikan-ikan di lautan. Olahraga ekstrim nan unik ini tentu saja diperuntukkan dan cocok untuk kamu yang berani menantang ketinggian maupun kedalaman laut.

8. Base Jumping

Gambar via demircalim.com

Base jumping adalah kegiatan melompat dari titik tertentu dengan ketinggian tertentu. Base sendiri merupakan sebutan untuk tempat atau tumpuan untuk melompat. Base bisa berupa atap gedung, menara, tebing maupun jembatan.

Untuk melakukan base jumping, kamu memerlukan peralatan seperti sepatu trail dan baju khusus yang dapat mengembang dan juga parasut. Base jumping memerlukan akurasi dalam menentukan ketinggian base dan waktu membuka peralatan pengaman untuk pendaratan. Selain itu, kehati-hatian juga sangat diperlukan mengingat tingginya resiko cidera otot, patah tulang maupun gegar otak yang mungkin terjadi. Sebelum kamu melakukan base jumping, pastikan kamu mempersiapkan semua peralatan pendukung yang diperlukan dan menghitung secara akurat ketinggian lokasi lompatan dan jangka waktu pendaratan.

Olahraga ekstrim bukan hanya melatih ketahanan jantung, tetapi juga menguji seberapa besar nyali yang kamu punya. Untuk itu, tidak ada salahnya sesekali kamu mencoba berbagai olahraga ekstrim tersebut. Hal tersebut tentunya dibarengi dengan persiapan fisik, keterampilan, dan pengamanan yang baik agar keselamatanmu juga tetap terjaga.

Leave a Reply