Kamu Malas untuk Berolahraga? 10 Tips Ini Akan Membantumu untuk Giat Berolahraga!

Belakangan ini cuaca di Indonesia sedang tidak bisa diprediksi. Kadang cerah tapi kadang bisa tiba-tiba berubah hujan. Cuaca seperti itu biasanya bisa bikin kamu mudah sakit. Supaya gak gampang sakit tentu kamu harus menjaga pola makan, minum vitamin, dan olahraga.

Tapi gimana kalau sebenarnya kamu itu tipe orang yang cenderung malas dengan yang namanya olahraga. Padahal selain untuk kesehatan tubuh, olahraga penting juga untuk menjaga kebugaran tubuh. Mungkin kamu gak mau olahraga karena merasa tubuhmu sudah cukup kuat dan bugar.

Tapi lihat dulu apa selama ini kamu sudah benar-benar cukup bugar dan kuat. Coba pikir lagi apa kamu pernah merasa tubuhmu kaku dan pegal ketika beraktivitas berat. Atau saat bangun tidur justru kamu merasa tubuhmu loyo akibat bekerja terlalu banyak.

Kalau kamu merasakan semua itu, sudah pasti karena kamu kurang olahraga. Jangan berfikir olahraga harus dilakukan yang berat-berat. Dengan olahraga kecil sudah cukup untuk bisa membuat badanmu tidak kaku dan loyo. Berikut 10 tips buat kamu yang susah dan merasa malas untuk berolahraga.

1. Bikin Alasan Kenapa Harus Berolahraga

Kadang kita malas melakukan sesuatu karena gak ada motivasi atau alasan kenapa kita harus melakukan hal itu. Sama dengan melakukan olahraga, kalau kamu gak punya alasan kenapa harus olahraga pasti juga akan terasa malas untuk melakukannya. Jadi kamu harus bisa membuat sebuah alasan untuk dirimu sendiri kenapa harus melakukan olahraga. Misalnya saja coba lihat bagaimana keadaan kesehatanmu selama ini. Mungkin kamu mudah lelah, badanmu sering kaku kalau melakukan pekerjaan berat, atau mudah pegal-pegal kalau sudah melakukan pekerjaan berat. Itu artinya kamu memang kurang berolahraga. Jadi, lakukanlah olahraga biar badanmu tidak mudah pegal dan kaku kalau harus mengerjakan pekerjaan berat.

2. Peregangan Setiap Pagi Hari

Gambar via ameliahayati.blogspot.com

Buat kamu yang malas berolahraga jangan langsung memulai dengan olahraga yang berat. Mulailah dari olahraga yang kecil dan ringan-ringan. Kamu bisa memulainya ketika bangun tidur dengan hanya meregangkan otot-otot tubuhmu.

Bangun tidur biasanya otot-otot badanmu masih loyo dan kaku, jadi kamu perlu meregang tubuh supaya kamu bisa menjalani hari dengan semangat. Kamu bisa melakukan peregangan seperti pemanasan yang dilakukan saat sebelum olahraga ketika sekolah.

3. Jalan Santai di Pagi Hari

Gambar via citizen6.liputan6.com

Namanya juga malas olahraga, kalau berfikir melakukan olahraga yang berat pasti akan langsung membuatmu malas duluan. Jangan terpaku pada pemikirian olahraga itu harus yang berat atau harus di tempat gym. Lakukan saja dari yang santai dan tidak memberatkanmu. Misalnya saja kamu bisa memulai dengan jalan-jalan santai di pagi hari. Keliling lingkungan rumah atau taman dekat rumahmu. Dengan berjalan santai nggak akan membuatmu cepat letih, tapi kalau kamu melakukannya dengan rutin itu juga sudah cukup bagus untuk memulai sebuah olahraga.

4. Sepeda Santai

Gambar via www.lensaindonesia.com

Olahraga santai lainnya yang bisa kamu coba adalah bersepeda santai. Sekarang ini sudah banyak orang mulai menggemari olahraga yang satu ini. Jadi, kenapa kamu nggak ikut mencobanya juga? Kalau masih awal jangan pasang target ikut bersepeda berkilo-kilo meter. Lakukan saja dengan berkeliling di sekitar rumah atau sejauh yang kamu inginkan.

5. Pilih Tempat Olahraga yang Kamu Suka

Gambar via www.endofiberglass.com

Melakukan sesuatu yang baru tentu harus dimulai dari tempat yang membuatmu senang, nyaman dan betah. Sama dengan memulai olahraga, kamu juga harus memulainya di tempat yang membuatmu betah dan nyaman. Kalau kamu berencana melakukan olahraga di area gym, coba cari referensi tempat gym yang bisa menarik hatimu untuk berolahraga di sana dan yang pasti akan membuatmu betah dan nyaman. Kalau kamu berencana melakukan olahraga outdoor, cari area outdoor yang sesuai dengan jenis olahraga yang akan kamu lakukan dan sukai.

6. Ajak Teman

Gambar via m.inilah.com

Memulai sesuatu yang baru memang nggak asyik banget kalau harus dilakukan sendirian. Oleh karena itu, coba kamu ajak teman kamu buat berolahraga bareng pasti kamu nggak akan merasa bosan atau malas lagi. Olahraga bareng teman pasti akan lebih membuatmu bersemangat. Kamu juga bisa minta teman kamu untuk mengajak kamu melakukan olahraga agar kamu ikut tergugah untuk berolahraga.

7. Ikut Perayaan Olahraga Berhadiah

Gambar via www.antaranews.com

Kamu pasti sudah nggak asing dengan acara lomba maraton, sepeda gembira, jalan santai, atau acara senam massal. Biasanya diadakan dalam rangka perayaan suatu acara dan kemudian memberikan iming-iming hadiah atau doorprice. Kamu bisa mengikuti event tersebut untuk memotivasimu dalam berolahraga. Pastinya akan lebih menggugahmu untuk berolahraga. Kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus, sehat dan dapat hadiah kalau kamu beruntung.

8. Ikuti Tren

Gambar via www.ceritamu.com

Sama seperti fashion, olahraga sekarang ini juga semakin berkembang dan sering berubah mengikuti tren. Dari tren lari pagi, sepeda santai, sepak bola, bela diri, tinju sampai tren naik gunung. Nggak ada salahnya kalau kamu memulainya juga dari mengikuti tren olahraga yang sedang berkembang sekarang ini. Mungkin dengan mengikuti tren kamu akan ikut terpacu untuk berolahraga dan nantinya seiring bergulirnya waktu kamu akan menemukan passion olahraga kesukaanmu sendiri.

9. Ikut Komunitas Olahraga

Gambar via beritadaerah.co.id

Kalau ingin lebih membuatmu bersemangat lagi dalam melakukan olahraga, mungkin kamu bisa mencoba untuk ikut gabung dalam sebuah komunitas olahraga. Masuk menjadi anggota komunitas olahraga yang kamu suka bisa jadi akan lebih memacumu agar bisa berolahraga secara rutin. Disamping itu, kamu juga bisa menambah wawasan seputar dunia olahraga yang kamu geluti atau tentang menjaga kesehatan melalui olahraga yang kamu suka. Kamu pun bisa mendapatkan teman baru dari komunitas yang kamu ikuti.

10. Jangan Ditunda-tunda

Kamu pasti paham jika menunda-nunda pekerjaan itu tidak baik. Begitu juga dengan olahraga, lebih baik jangan ditunda-tunda. Lakukan saat itu juga. Jika kamu terus saja mengatakan nanti, besok, atau sebentar lagi maka semakin besar kemungkinan untuk tidak jadi melakukan apa yang sudah kamu rencanakan. Sekali kamu menundanya maka seterusnya kamu akan selalu berfikir untuk melakukannya nanti dan nanti karena kamu beranggapan masih ada hari nanti. Pada akhirnya rencana itu tidak pernah kamu jalankan.

Jadi, masih berfikir untuk malas berolahraga? Mulai sekarang coba buang jauh-jauh pikiran itu, karena olahraga itu juga sangat penting buat menjaga kesehatanmu sendiri. Mulailah dari yang ringan dan mulailah dari sekarang. Buatlah olahraga itu menjadi hal yang menyenangkan. Jangan jadikan olahragamu menjadi sebuah beban. Tidak masalah jika kamu mencoba satu per satu, dengan begitu kamu tidak akan mudah jenuh dalam melakukan olahraga.

Leave a Reply