Objek Wisata Menarik Di Bukittinggi Yang Indah

Objek Wisata Menarik Di Bukittinggi Yang Indah

Ibukota negara selalu menjadi perbincangan oleh banyak orang. Kebanyakan orang berlibur akan memilih tempat yang merupakan ibukota suatu negara. Seperti halnya Bukittinggi. Ya Bukittinggi pernah menjadi ibukota Negara Republik Indonesia. Bukittinggi yang berlokasi di Pulau Sumatera ini memiliki pemandangan yang eksotis dan budaya yang bagus, sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk berlibur kesana. Banyaknya tempat wisata di Bukittinggi yang menarik tidak akan membuat anda kecewa saat berlibur ke Bukittinggi.

Air Terjun Lembah Anai merupakan salah satu wisata yang menarik di Bukittinggi. Tempat wisata ini berada persis di pinggir jalan antara Bukittinggi dan Padang. Wisata yang berupa air terjun ini merupakan wisata cagar alam di Lembah Anai. Hutan tropis beserta beraneka macam flora dan fauna mengisi Cagar Alam Lembah Anai ini. Tempat wisata Lembah Anai banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan asing karena alam yang hijau dan beraneka macam fauna dan floranya. Sehingga menciptakan suasana yang sejuk, asri dan memiliki panorama alam yang sangat indah.

Di pusat kota Bukittinggi terdapat wisata yang menarik yaitu Jam Gadang. Jam Gadang ini berada tepat di tengah alun-alun kota Bukittinggi. Jam Gadang ini biasanya disebut sebagai landmark dari kota Bukittinggi itu sendiri. Wisata ini sangat ramai ketika malam hari apalagi ketika malam minggu yang biasanya dijadikan waktu untuk liburan bersama orang yang dekat. Jam gadang ini memiliki keunikan sendiri yang berbeda dari jam lain yaitu angka empat yang terdapat pada jam gadang bukan seperti angka Romawi biasanya (IV) namun tertera (IIII). Selain itu bagi anda yang sedang berpariwisata ke daerah Bukittinggi ini dan berkunjung ke jam gadang, tidak ada salahnya anda pergi ke Menara Jam Gadang. Dari menara ini anda dapat melihat panorama dari kota Bukittinggi yang terdiri dari lembah, bukit, dan bangunan-bangunan yang berjejer di tengah kota.

Peninggalan jepang yang terdapat di Bukittinggi ternyata juga dapat menjadi tempat wisata di Bukittinggi. Peninggalan itu berupa Lobang yang biasa disebut oleh masyarakat sekitar Lobang jepang. Lobang Jepang ini terdapat di Bukit Sianok Bukittinggi. Dan lobang ini merupakan basis dari pertahanan jepang saat perang dunia ke II dan perang pada tahun 1942 yaitu perang Asia Timur Raya. Gua ini mempunyai suasana mistis di dalamnya, karena di dalam gua ini konon terdapat sebuah ruangan yang dijadikan ruang tahanan dan juga dijadikan ruang penyiksaan. Di dalam ruangan ini jasad biasanya di siram air panas untuk memastikan bahwa sudah tidak bernyawa lagi.

Bukittinggi memiliki banyak bukit dan lembah yang curam. Dan lembah ini menjadi daya tarik tersendiri dari kota Bukittinggi. Salah satunya yang terkenal adalah Ngarai Sianok. Di bawah Ngarai Sianok terdapat sebuah anak sungai yang berliku liku menyusuri celah dari tebing-tebing. Ngarai Sianok memiliki latar dua buah gunung yaitu Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Ngarai Sianok memiliki jurang yang berkedalaman 100 meter dan memiliki panjang 15 km. Sedangkan lebarnya sendiri sekitar 200 meter. Pemandangan yang terdapat pada Ngarai Seanok ini bagaikan lukisan alam yang sangat indah.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Bukittinggi yang dapat menjadi alternative anda saat berlibur di kota Bukittinggi bersama keluarga anda. Wisata-wisata di atas merupakan tempat wisata yang wajib dan harus anda kunjungi saat berlibur atau berkunjung di Bukittinggi. Karena wisata di atas merupakan ikon wisata di kota Bukittinggi. Semoga menginspirasi dan selamat berkunjung.

Leave a Reply