Beberapa Objek Wisata Yang Menarik Di Solo Dan Sekitarnya

Beberapa Objek Wisata Yang Menarik Di Solo Dan Sekitarnya

Tempat wisata yang memiliki karakter masyarakat yang ramah dan lembut dapat anda temukan di Solo. Hal ini dikarenakan kota Solo mempunyai keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tidak dapat dipisahkan dengan ikon kota Solo. Ini dia yang menjadi legacy budaya Jawa kuno yang masih ada dan tetap hidup di kota Solo ini, selain itu keberadaan keraton menjadi kekayaan budaya lokal kota Solo. Keraton ini menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing saat berkunjung ke kota Solo. Saat ini kota Solo telah bertransformasi menjadi wilayah yang memiliki tingkat kemajuan yang dibilang pesat di pulau Jawa. Banyaknya objek wisata solo yang menarik dapat menjadi alternative tempat berlibur anda saat bersama keluarga.

Objek wisata solo yang menarik dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Keraton ini juga merupakan simbol dan cikal bakal dari kota Surakarta. Keraton ini didirikan pada tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II, dan keraton ini telah menyimpan banyak nilai-nilai sejarah di dalamnya. Untuk mengunjungi keraton ada beberapa peraturan yang harus anda taati seperti dilarang memakai kacamata dan topi, tidak menggunakan jaket dan sandal, dan tidak boleh bercelana pendek. Namun jika anda sudah terlanjur memakai celana pendek anda dapat meminjam kain bawahan yang sudah tersedia di keraton tersebut. Tiket masuk keraton ini pun sangat murah yaitu Rp. 4.000 per orang dan bagi anda yang membawa kamera anda perlu membayar tiket tambahan sebesar Rp. 2.000.

Selain keraton, Ngarsopura Solo juga merupakan tempat wisata yang menarik di Solo yang patut anda coba kunjungi. Bagi anda kaum muda, tempat nongkrong yang harus anda coba yakni Ngarsopuro Solo. Tempat pedestrian ini di tata dengan artistik dan membuat nyaman para pengunjungnya. Ngarsopuro Solo ini terletak di Jln Diponegoro tepatnya berada di bagian selatan Pura Mengkunegaran. Tempat wisata ini sangat ramai pada hari menjelang sore hingga malam hari. Kebanyakan orang menghabiskan waktu dan duduk-duduk di sana karena di sepanjang jalan sudah terdapat banyak kursi yang disediakan untuk para pengunjung. Saat anda berada di tempat wisata ini anda akan disuguhi oleh bermacam lukisan-lukisan, lampu jalan yang di modifikasi dalam sangkar burung, patung-patung dan lain sebagainya. Beraneka macam hiasan ini menambah kesan etnik Ngarsopura Solo.

Di Solo juga terdapat pasar yang buka pada saat malam hari yang bisa dijadikan objek wisata solo. Namanya adalah Ngarsopura Night Market Solo. Pasar malam mini biasanya di gelar secara rutin pada hari Sabtu hingga Minggu dan dibuka pada pukul 19.00 hingga 21.00 WIB. Selain di suguhkan oleh beraneka macam barang dagangan, di pasar malam mini juga terdapat beberapa hiburan untuk memeriahkan pasar malam ini. Hiburan-hiburan ini biasanya berupa live performance seperti tarian, jazz, atau juga music etnik oleh para penggiat kesenian di Solo. Sehingga Ngarsopura Night Market akan sangat terlihat meriah dan juga semarak. Biasanya kaum muda yang akan membanjiri tempat wisata ini, atau juga orang tua bersama anak-anak mereka untuk menghabiskan malam minggu bersama keluarga.

Ada banyak penginapan dan hotel murah di sekitar Solo yang bisa dipesan secara online jauh-jauh hari, penginapan dengan harga sekitar 150 rb dengan fasilitas yang komplit, dibawah ini daftar hotel dan penginapan murah di Solo/Surakarta.

Itulah beberapa objek wisata solo yang dapat menjadi alternative liburan anda bersama keluarga. Objek-objek wisata tersebut dijamin akan membuat liburan anda menjadi lebih berwarna dan tidak monoton. Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi tambahan bagi anda yang ingin berkunjung atau berlibur ke kota solo.

Leave a Reply