Kehidupan Makan Orang Jawa

images

Bagi mayarakat dunia orang jawa memiliki karakteristik sendiri dibandingkan dengan masyarakat yang lain. Karena jumlah mereka yang banyak dibandingkan dengan masyarakat adat yang lain di Indonesia. Apalagi bila melihat kebelakang pada masa silam penjajah Indonesia banyak yang memusatkan pemerintahan dan daerah jajah di pulau jawa. Hal tersebut telah menambah pengetahuan bagi penjajah untuk mengetahui karakteristik orang – orang jawa.

Kemudian di jawa sendiri masyarakatnya memiliki budaya yang sangat kental dan bisa dikatakan yang paling komplek. Ini terbukti dengan banyaknya tingkatan bahasa jawa yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup komplek. Belum lagi cara makan orang jawa yang beda dibandingkan dengan masyarakat adat yang lainnya. Karena bagi masyarakat jawa cara makan memiliki makna tersendiri yang akan mempengaruhi kehidupannya. Keyakinan tersebut telah menjadi sebuah pengetahuan yang hidup dalam masyarakat jawa.

Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan cara makan orang jawa dan hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan:

  1. Membiasakan Diri Setelah Beribadah Baru Makan

Orang Jawa adalah orang yang tidak ingkar kepada Tuhannya, mereka beribadah dahulu sebelum memulai makan makanan yang disajikan. Sehingga ketika pikiran menjadi tentram dan tidak memikirkan hal lain sehingga berpikir positif maka setelah beribadah mereka akan memulai makan.

  1. Mencucui Tangan dan kaki

Seorang Jawa mengutamakan mencuci dahulu tangan dan kakinya, karena dengan bersih adalah sebagian dari iman untuk orang Jawa. Dan dalam menghadapi hidangan orang Jawa selalu membersihkan seluruh bagian tubuhnya untuk menghormati hidangan yang akan di makan.

  1. Membersihkan Tempat dan Meja Makan

Sebelum memulai proses makan, mereka mempersiapkan makanan mereka setelah meja dan tempat makan bersih. Bila masih ada kotoran di meja ataupun di lantai tempat mereka makan maka orang Jawa selalu membersihkan dahulu, karena dengan bersih pikiran mereka akan tetap terjaga aman dan sentosa.

  1. Mempersiapkan Meja atau Tempat Makan

Setelah bersih mereka menghidangkan makanan dan tempat makan mereka untuk dapat membuat hidangan menjadi lebih istimewa. Biasanya menu yang paling khas bagi orang Jawa adalah pecel dan tumpang dan ditambah peyek yang sangat renyah. Makanan mereka lebih cenderung ke makanan dari tumbuhan daripada dari hewan.

  1. Mengutamakan Membaca Doa Terlebih Dahulu

Doa yang tidak akan pernah terlupakan sebelum makan adalah adat orang jawa. Bila mereka mengutamakan makan maka mereka juga harus mengutamakan doa telebih dahulu. Sehingga hal inilah yang membuat orang Jawa menjadi lebih waspada terhadap segala sesuatu yang akan dilakukan.

  1. Mengambil Makanan dalam Jumlah Genap

Genap adalah lambang dari kemakmuran dan genap akan menjadikan seluruh pemikiran orang Jawa tertuju kepada kebaikan. Sehingga mengambil apapun seperti nasi, lauk pauk, hingga pencuci mulut mereka menggunakan makanan yang berjumlah genap.

  1. Tidak Berisik

Orang Jawa cenderung lebih diam atau lebih sedikit tidak bersuara dalam menyantap makanan yang dihidangkan. Karena dengan tidak berisik akan membuat pemikiran yang lebih matang, memikirkan hal positif sehingga membuat ide dan kreatifitas baru dalam menghadapi masalah atau “Bebaya”.

  1. Makan Perlahan Namun Cepat

Jika anda ketahui orang Jawa adalah orang yang paling produktif di Indonesia, karena mereka menerapkan makan perlahan namun cepat. Jika anda perhatikan makan mereka tidak banyak, namun tidak sedikit, mereka makan dengan cara sedikit demi sedikit sehingga menghasilkan kecepatan yang baik. Hal ini akan mempengaruhi pikiran orang Jawa kepada kesuksesan yang perlahan – lahan namun cepat berhasil.

  1. Membersihkan Alat Makan dengan Bersih

Setelah mereka makan dan piring atau gelas yang dibuat makan pasti mereka membersihkannya dengan sangat bersih. Mungkin dengan sabun juga bisa untuk dibersihkan, karena sabun adalah alat pembersih yang sangatlah baik. Dahulu pernah ada pabrik sabun yang bernama “Saboen Tjap Patjul” yang sangat serbaguna sekali dalam penggunaannya. Sehingga sabun tersebut hingga sekarang di pakai dan di produksi oleh orang Jawa pada umumnya. Harganya murah meriah sekali namun manfaatnya sangatlah banyak.

Leave a Reply