Empat Hal Yang Dapat Menanggulangi Stres

Pada waktu sekarang manusia semakin banyak memiliki aktivitas yang lebih. Misalnya dengan tuntutan pekerjaan yang membuat seseorang harus bekerja berjam – jam di kantor dengan target kerja yang tinggi. Belum lagi juga pelajar Indonesia juga memiliki beban pelajaran yang sangat banyak, sehingga membuat mereka sering terjerat stres. Hal ini akan berbahaya bagi kehidupan seseorang yang memiliki tingkat stres tinggi. Oleh sebab itu perlu sebuah upaya penanggualan stres sejak dini, supaya kinerja tetap terjaga dengan baik. Berikut ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk dapat meredakan stres.

  1. Mencucui tangan dengan air hangat

Ini secara alami dapat mengurangi stres yang Anda alami. Merendam salah satu bagian tubuh ke dalam air hangat dapat menenangkan sistem saraf parasimpatis. Yang mengakibatkan tubuh menjadi lebih tenang karena rangsangan rasa hangat tersebut.

  1. Mendengarkan Musik

Sebuah studi menunjukkan bahwa kombinasi dari vokalisasi dan getaran memiliki efek positif pada tekanan darah. Jadi, menyanyi dan bersenandung dapat membantu menurunkan kadar stres. Ditambah lagi ini mudah dilakukan oleh siapapun.

  1. Menyentuh Bibir

Anda mungkin pernah merasa bahwa ketika Anda sedang stres Anda tiba-tiba ingin makan sesuatu. Percaya atau tidak, menyentuh bibir bisa menjadi cara yang efektif untuk menenangkan diri saat stres. Para ilmuwan mengatakan bahwa itu bisa menenangkan sistem saraf kita.

  1. Membuat ekpresi wajah Jelek

Stres membuat rahang menjadi tegang dan memicu sakit kepala. Biasanya orang akan mengerutkan kening dan mengerucutkan bibir karena stres. Untuk meredakan stres, Anda bisa melakukan sesuatu dengan wajah Anda seperti membuat ekspresi jelek atau tertawa sekeras-kerasnya (merdeka).

 

Leave a Reply