LIMBAH KAYU DISULAP JUTAAN RUPIAH

185508_stockguitar

Ditengah lapangan pekerjaan yang masih sangat kurang dengan jumlah pencari kerja yang sangat tinggi, bahkan dari tahun ketahun terus bertambah. Kejadian tersebut telah menyebabkan para pekerja tersebut untuk dapat menciptakan kreativitas dalam menciptakan lapangan pekerjaan atau usaha. Misalnya saja apa yang telah dilakukan oleh  Iwan Hermawan dengan memanfaatkan limbah kayu untuk dibuat menjadi barang yang bernilai tinggi.

Dengan limbah kayu tersebut dia sulap menjadi sebuah miniatur gitar yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Sebab harga satu gitar miniatur tersebut di bandrol dari Rp 150.000 sampai Rp 3 juta.  Bandrol yang diberikan oleh Iwan itu sesuai dengan tingkat kesulitan yang harus dihadapi saat membuatnya. “ Dulu pernah ada orang yang pesan dengan desain yang dia inginkan dan bentuk yang sama. Permintaan tersebut menantang dan saya buat menjadi edition limited,” ujar Iwan.

Dalam bahan yang digunakan oleh Iwan dalam membuat miniatur gitar itu dia memilih jenis kayu jati landak jerman. Alasannya jenis kayu ini memiliki tekstur yang bagus. Karena dengan kayu jati dia dapat menghasilkan karya yang maksimal dan membuatnya banyak digemari oleh kolektor gitar.

Dengan kemampuan dan kejeliannya dalam melihat peluang. Iwan dapat menambah pundi – pudni rupiah keluarga dengan berjualan miniatur gitar. Karena selama ini dia berjualan makanan di kantin salah satu sekolah di wilayah Bogor.” Dengan bisa membuat gitar ini nambah penghasilan,” kata Iwan.

Meskipun pada awalnya dia banyak menemui kendala untuk dapat membuat gitar yang baik dan layak untuk dijual. Karena dia memerlukan waktu tiga bulan untuk melakukan percobaan. “ Saya kira semua orang menemukan kegagalan untuk dapat mengetahui mana yang baik. Namun intinya jangan berhenti mencoba,”  tegas Iwan. (kompas)

Leave a Reply