Obyek Wisata Yang Menarik Di Dieng Yang Wajib Anda Kunjungi

Obyek Wisata Yang Menarik Di Dieng Yang Wajib Anda Kunjungi

Jika anda sudah bosan berlibur dengan suasana pantai, anda dapat menikmati wisata yang mempunyai keindahan alam yang indah dan bagus. Pulau Jawa merupakan tempatnya obyek wisata alamnya. Terdapat beraneka macam obyek wisata di Pulau Jawa, mulai dari pantai, wisata religi, wisata sejarah, wisata alam dan masih banyak yang lainnya. Hal ini dikarenakan pulau Jawa terdiri dari banyak gunung dan di kelilingi pulau Jawa dengan laut. Salah satu daerah pegunungan yang paling popular dikalangan masyarakat Indonesia maupun manca akan wisatanya adalah Dieng. Pegunungan Dieng merupakan objek wisata yang terbentang mulai dari Kabupaten Wonosobo hingga Kabupaten Banjarnegara. Objek wisata Dieng sudah sangat terkenal baik di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Di daerah Dieng terdapat banyak sekali obyek wisata yang dapat anda kunjungi saat liburan bersama keluarga.

Obyek wisata menarik di Dieng yang pertama dan sangat terkenal adalah peninggalan-peninggalan jaman dahulu seperti candi. Di Dieng banyak sekali terdapat candi antara lain adalah Candi Gatotkaca, Candi Setyaki, Candi Bima, Candi Dwarawati dan Kompleks Candi Arjuna. Lokasi dari candi-candi ini berdekatan antara yang satu dengan yang lain. Sehingga anda tidak perlu khawatir tidak dapat mengunjungi semua candi yang ada di Dieng. Karena letaknya yang masih satu tempat dan berdekatan, akan membuat anda mudah menjangkau semua candi yang ada. Di sekitar candi juga sudah terdapat bermacam tempat makan khas dari Dieng maupun Kota Wonosobo yang tersedia disepanjang jalan. Selain itu juga kadang terdapat masyarakat yang mempertunjukkan kesenian khas Dieng seperti tarian dan musik di area wisata candi Dieng.

Selain candi, obyek wisata menarik di Dieng yang dapat anda kunjungi adalah telaga-telaga di Dieng. Karena kontur tanah Dieng yang terdiri dari pegunungan membuat banyaknya telaga yang terdapat di Dieng. Telaga-telaga itu antara lain Telaga Pengilon, Telaga Balekambang, Telaga Dringo, Telaga Cebong, Telaga Menjer, Telaga Warna, Telaga Merdada, dan Kawah Dieng. Anda akan sangat nyaman berkunjung ke telaga-telaga tersebut. Karena lingkungan dari telaga tersebut masih ditumbuhi tumbuhan yang masih asri dan lebat. Sehingga suasana sejuk, asri dan segar akan anda rasakan.

Untuk obyek wisata berupa kawah, anda dapat menjumpai beberapa kawah di Dieng. Karena letaknya di pegunungan, maka kawah ini menjadi bisa bertahan sampai sekarang dan menjadikan tempat wisata indah yang sayang untuk dilewatkan. Kawah-kawah tersebut diantaranya adalah Kawah Candradimuka, Kawah Sileri, Kawah Sikidang dan beberapa kawah yang lainnya lagi. Kawah ini mempunyai suhu yang panas dan juga asap atau bau yang menyengat sehingga saat anda mengunjungi kawah anda harus memakai masker agar anda tidak merasakan sesak saat berada di sekitar daerah kawah-kawah Dieng.

Selain wisata di atas terdapat juga wisata alam yang menjadi obyek wisata yang menarik di Dieng. Wisata alam itu berupa gunung yang terdapat di wilayah Dieng. Bagi anda pencinta gunung anda dapat mendaki Gunung Prau. Pemandangan dari atas gunung prahu sangat indah. Apalagi sunrise yang disuguhkan oleh gunung prahu sangat bagus. Selain gunung juga terdapat beberapa pilihan bukit untuk pendakian anda, yaitu Bukit Sikunir dan Bukit Pangonan. Bukit Sikunir terdapat di desa tertinggi di Jawa Tengah. Dari atas bukit anda juga dapat melihat telaga cebong yang terdapat di bawah Bukit Sikunir. Itulah beberapa objek wisata dieng yang dapat menjadi alternative kunjungan liburan anda bersama keluarga anda.

Leave a Reply