MEMBUAT SEKOLAH MENJADI MENYENANGKAN

Sekolah adalah tempat dimana anak – anak untuk menuntut ilmu, bermain, berinteraksi sosial, dan masih banyak lagi. Namun pada kenyataannya sekarang banyak anak yang mengeluhkan ketika berada dalam lingkungan sekolah. Ini disebabkan oleh berbagai faktor yang membuat sekolah bagi anak – anak tersebut adalah hal yang menakutkan. Misalnya beban yang diberikan oleh sekolah terhadap peserta didik yang cukup berat yang membuat mereka bosan.

Belum lagi dengan guru – guru yang menakutkan atau biasa dijuluki killer oleh anak – anak. Karena biasanya guru tersebut tidak melihat secara keseluruhan dalam pendidikan dan yang terpenting baginya hasil dan apabila ada murid yang melanggar maka akan diberi sanksi yang cukup berat. Dari sini guru tersebut melihat pendidikan itu hanya hasil saja bukan proses yang sebenarnya harus dilihat.

Sikap – sikap tersebut yang banyak hidup dalam dunia sekolah anak – anak Indonesia. Oleh sebab itu perlu ada sebuah perubahan untuk dapat membuat sekolah adalah sebagai tempat yang nyaman bagi anak – anak untuk dapat menghabiskan waktu belajar, bermain. Utuk dapat mencapai sekolah yang meyenangkan itu dapat melakukan beberap hal ini.

Misalnya dengan memulai mengikut sertakan semua pihak terhadap proses pendidikan anak – anak, mulai dari guru, orang tua, dan masyarakat. Dimana sekolah dapat mengumpulan semua elemen tersebut untuk dapat membicarakan rencana – renacaa dari sekolahan yang akan dilakukan bersama – sama. Ini penting untuk saling mengetahui dan saling membantu guna keberhasilan.

Kemudian ciptakan suasan mengajar yang tidak membuat tegang anak – anak dengan memberikan “game – game” yang tidak membosankan. Karena kita dapat mencontoh apa yang ditawarkan oleh permaianan “game online” pada waktu sekarang yang membuat anak – anak ketagihan memainkan lagi. Yang terpenting sering beri penghargaan dengan setiap capaian dari anak – anak karena sangat berdampak terhadap motivasi anak – anak untuk belajar lebih.

Leave a Reply