6 Cara Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan Tulang

Tulang adalah salah satu organ penting yang harus dijaga dengan baik karena fungsinya sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Jika terjadi kerusakan pada tulang, maka ruang gerak akan menjadi terbatas sehingga tidak bisa leluasa saat melakukan aktivitas sehari-hari. Pengeroposan tulang biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut dikarenakan pertambahan usia. Namun masalah tersebut juga bisa menimpa orang dewasa dan remaja, tergantung dari gaya hidup masing-masing. Supaya tulang anda tetap kuat dan sehat, sebaiknya simak ulasan kami tentang Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Tulang. Ulasan selengkapnya di bawah ini.

6 Cara Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

1. Olahraga Rutin

Olahraga merupakan langkah paling sederhana untuk menjaga kesehatan tulang. Langkah ini memang terdengar klasik, namun pada faktanya memang sangat berperan aktif dalam menjaga ketahanan tulang. Olahraga secara rutin 30 menit sehari bisa membuat tulang anda tetap kuat dan sehat, dan mencegah terjadinya penyakit osteoporosis di masa tua.

2. Berjemur

Langkah lain untuk menjaga kesehatan tulang adalah berjemur secara rutin, khususnya di pagi hari. Ya, sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang, sehingga mengurangi resiko osteoporosis sampai dua kali lipat. Biasakanlah berjemur di pagi hari sebelum anda melakukan aktivitas.

3. Mengontrol Berat Badan

Berat badan sangat berpengaruh pada kesehatan tulang. Maka dari itu anda harus mengontrol berat badan dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Hal tersebut juga akan menghindarkan anda dari resiko obesitas atau kelebihan berat badan. Mulailah terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat pula, dan hindari beberapa kebiasaan buruk.

4. Kurangi Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol tidak hanya menganggu kesehatan, namun akan berpengaruh pula pada kepadatan tulang. Kurangi kebiasaan buruk tersebut atau lebih baik lagi jika berhenti secara total. Hindari pula makanan yang bisa berpengaruh buruk pada tulang seperti junk food.

5. Diet Sehat

Proses diet sehat adalah ketika anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan kalsium. Jenis makanan tersebut sangat bagus untuk kesehatan tulang, dan menghindari terjadinya pengeroposan. Konsumsilah buah dan sayuran secara rutin supaya anda bisa mendapat manfaat ganda, yaitu melangsingkan tubuh dan menjaga kesehatan tulang.

6. Konsultasi ke Dokter

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang adalah beronsultasi ke dokter. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui riwayat diri anda, apakah memiliki keturunan penyakit osteoporosis atau tidak. Dengan demikian anda bisa mengetahui gejala awal dan bisa mencegah terjadinya penyakit tersebut. Berkonsultasilah pada dokter khusus yang tahu seluk beluk tentang tulang.

Semua cara di atas merupakan langkah inti dalam menjaga kesehatan tulang, dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan organ tersebut. Lankag-langkah di atas terbilang mudah dan sederhana sehingga bisa diterapkan oleh semua orang termasuk diri anda.

Itulah beberapa Tips dan Cara Untuk Menjaga Kesehatan Tulang. Lakukan beberapa langkah di atas supaya tulang anda tetap kuat dan sehat. Jika anda mengabaikan beberapa tips di atas dan tidak menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, maka hal tersebut tentu akan berpengaruh pada kesehatan tulang anda. Secara umum, dampak yang terjadi memang tidak akan berlaku secara langsung, melainkan terjadi dalam jangka panjang di masa tua. Menjaga kesehatan tulang sejak dini merupakan langkah paling tepat supaya tidak terjadi penyakit tulang di usia tua. Sekian ulasan dari kami tentang Cara Menjaga Kesehatan Tulang, semoga bermanfaat.

Leave a Reply