5 Manfaat Petai Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

manfaat-petai

Petai adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Meskipun memiliki bau yang tidak sedap, namun nyatanya buah ini sangat laku di pasaran. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, karena petai memiliki rasa yang unik dan khas. Selama ini orang hanya mennganggap petai sebagai makanan biasa untuk dijadikan pelengkap menu utama. Namun sebenarnya petai memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Menarik bukan? Supaya anda tidak penasaran, kami akan memberi ulasan tentang 5 Manfaat Petai Untuk Kesehatan. Dengan ulasan ini, kami harap anda bisa menambah wawasan seputar petai dan kaitannya dengan kesehatan tubuh. Selamat menyimak!

5 Manfaat Petai Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

1. Mengurangi Depresi

Depresi bisa diakibatkan oleh kurangnya hormon endorfin dalam tubuh. Dalam istilah lain, endorfin juga bisa disebut hormon bahagia. Jika anda mengalami masalah depresi, maka sebaiknya konsumsilah petai secara rutin. Apa alasannya? Pada petai, terkandung tryptophan yang berfungsi untuk merangsang terjadinya produksi hormon endorfin, sehingga rasa stress dan depresi bisa berangsur-angsur hilang. Suasana hati akan terus membaik jika anda menjadikan petai sebagai salah satu menu utama.

2. Mengatasi Gejala Pra Mentruasi

Saat menjelang datang bulan, para wanita biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti nyeri, pegal, bad mood, dan lain-lain. Beberapa masalah tersebut ternyata bisa diatasi dengan mengkonsumsi petai. Hal tersebut dikarenakan petai mengandung vitamin  B6 yang tinggi.

3. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Petai mengandung kalium yang dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Di Negara maju seperti Amerika, petai sudah dijadikan sebagai bahan pembuat pil yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus mencegah terjadinya penyakit stroke dan jantung. Bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi sangat disarankan untuk mengkonsumsi petai dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Menurut penelitian, petai mengandung vitamin A yang sangat tinggi yaitu 200 IU per 100 mg. Dengan demikian petai sangat baik untuk kesehatan mata sekaligus bisa meningkatkan konsenstrasi dalam segala aktivitas yang akan dikerjakan. Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, petai juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit mata seperti rabun jauh atau rabun dekat.

5. Mengatasi Sembelit

Sembelit bisa terjadi karena sistem pencernaan yang terganggu. Untuk mengatasi masalah tersebut, konsumsilah petai secara rutin. Kenapa demikian? Karena petai kaya akan serat sehingga akan berperan aktif dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh. Jangan ragu untuk memasukkan petai pada menu makanan anda setiap harinya.

Ulasan di atas tentu akan membuka wawasan anda lebih dalam seputar petai. Anda beruntung karena menjadi salah satu orang yang mengetahui fakta tersebut, sebab masyarakat pada umumnya hanya mengetahui petai sebagai makanan biasa. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari petai, namun kelima poin di atas adalah manfaat yang paling utama.

Itulah beberapa Manfaat Petai Untuk Kesehatan. Dengan membaca ulasan di atas, kini anda dapat memahami lebih jauh tentang makanan tersebut, dan bisa lebih memanfaatkan khasiatnya bagi tubuh. Namun perlu diingat, meski petai memiliki banyak khasiat, namun makanan tersebut juga memiliki efek samping. Maka dari itu anda harus bisa mengatur waktu dan jumlah petai yang akan di makan. Konsumsilah petai sewajarnya supaya anda bisa mendapat manfaatnya secara optimal tanpa harus terkena efek sampig yang bisa berdampak buruk pada tubuh. Sekian ulasan kami tentang Manfaat Petai, semoga bermanfaat.

Leave a Reply