2 Olahraga Terbaik Untuk Penderita Asma

foto: media.suara.com

Olahraga merupakan salah satu aktivitas penting yang harus diterapkan semua orang, supaya tubuh bisa tetap bugar dan sehat. Dengan demikian seseorang bisa menjalankan kesehariannya dengan lancar dan tidak mudah terserang penyakit. Olahraga rutin tentu tidak akan terasa berat bagi orang biasa yang sehat. Namun bagaimana dengan penderita asma? Olahraga tentu akan terasa berat untuk dilakukan dan bukan tidak mungkin bisa menjadi aktivitas yang berbahaya. Penderita asma memiliki keterbatasan dalam stamina dan pernafasan, sehingga tidak bisa melakukan semua jenis olahraga. Lalu apa saja Olahraga Terbaik Untuk Penderita Asma? Kami telah mengulasnya secara singkat dan padat di bawah ini. Selamat menyimak!

2 Olahraga Terbaik Untuk Penderita Asma

 

1. Berjalan Santai

Penderita Asma

foto: meetdoctor.com

Olahraga terbaik untuk penderita asma adalah berjalan santai. Seperti yang kita pahami, bahwa penderita asma tidak boleh melakukan olahraga berat yang memporsir stamina. Penderita asma lebih disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai selama 30 menit sehari. Hal tersebut bertujuan agar penderita asma mampu mendapat tubuh yang bugar tanpa harus menanggung resiko kambuhnya penyakit asma yang tengah diderita. Bagi anda para penderita asma, lakukanlah olahraga berjalan santai 3 kali dalam seminggu, dan masing-masing 30 menit dalam sehari. Jika anda ingin membakar kalori, lakukanlah jalan santai selama 5 menit sekali dalam kurun waktu 30 menit. Penerapan yang teratur disertai konsistensi yang baik akan memberi hasil maksimal.

2. Yoga

olah raga yoga

foto: ghantayoga.com

Olahraga lain yang cocok untuk penderita asma adalah yoga. Ya, jenis olahraga ini umumnya tidak membutuhkan tenaga lebih, dan tidak menuntut seseorang untuk sering bernafas. Olahraga yoga biasanya dilakukan untuk menjaga konsentrasi pikiran dan mengontrol ketenangan. Dengan melakukan olahraga yoga, para penderita asma akan mendapat beberapa manfaat sekaligus diantaranya dapat meningkatkan kebugaran tubuh, mengontrol emosi, meningkatkan konsentrasi, dan mencegah kambuhnya penyakit asma. Selain beberapa manfaat tersebut, yoga juga akan turut berpengaruh dalam proses pengobatan asma. Olahraga ini akan membuat seseorang mampu mengendalikan pernafasan, yang mana hal tersebut tentu sangat memberi keuntungan bagi para penderita asma. Beberapa olahraga lain yang sejenis adalah tai chi dan meditasi.

Kenapa kedua olahraga di atas merupakan yang terbaik bagi para penderita asma? Secara sederhana, kedua jenis olahraga di atas tidak membutuhkan tenaga yang besar pada prosesnya, sehingga pernafasan tidak terlalu sering. Dengan demikian sistem pernafasan para penderita asma akan berjalan normal sehingga penyakitnya tidak akan kambuh secara mendadak. Selain mencegah terjadinya kambuh, kedua jenis olahraga di atas juga bisa turut membantu dalam proses mengatasi asma. Ya, dalam prosesnya, kedua olahraga tersebut akan menuntun penderita asma untuk mengontrol pernafasan, sehingga mereka tidak akan terus ketergantungan pada obat atau proses pengobatan. Ulasan di atas tentu menjadi kabar baik bagi para penderita asma, karena selama ini mereka seringkali bingung saat harus menentukan jenis olahraga yang harus dilakukan.

Itulah 2 Olahraga Terbaik Untuk Penderita Asma. Kini para penderita asma tidak perlu lagi merasa khawatir, karena ada olahraga khusus yang bisa mereka terapkan. Kedua olahraga di atas akan membuat penderita asma menjadi bugar tanpa harus menghadapi resiko kambuhnya penyakit yang sedang diderita. Konsultasi pada dokter juga cukup diperlukan supaya olahraga berjalan lancar dengan pengawasan yang baik. Sekian ulasan kami tentang Olahraga Terbaik Untuk Penderita Asma, semoga bermanfaat.

Leave a Reply