5 Manfaat Sehat dari Konsumsi Buah Pisang

manfaat-pisang

Siapa tak suka konsumsi buah pisang? Buah yang manis ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, B, C dan E serta mineral seperti kalium dan zat besi.

Nah, selain mengandung banyak vitamin dan mineral, pisang juga memiliki banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan oleh tubuh hanya dengan rajin mengonsumsinya. Berikut manfaat konsumsi buah pisang:

1. Mengontrol tekanan darah

Menurut penelitian, kandungan potasium pada buah pisang dapat mengontrol kadar tekanan darah tetap normal dan stabil. Oleh sebab itu, buah ini kerap dianggap sebagai salah satu buah camilan yang sehat untuk dikonsumsi.

2. Meningkatkan kekuatan otak

Selain mengandung potasium, pisang juga merupakan sumber vitamin B yang baik. Kandungan ini membuatnya termasuk dalam salah satu buah yang menyehatkan fungsi saraf dan meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir.

3. Mengurangi risiko stroke

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah pisang secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terjadinya stroke. Kaya akan antioksidan dan serat makanan, konsumsi pisang juga disebut-sebut dapat mengurangi risiko kanker.

4. Menjaga kesehatan tulang

Bakteri probiotik yang dimiliki dalam pisang dikenal berfungsi untuk menyerap kalsium dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi pisang diketahui dapat membantu menyehatkan tulang.

5. Memperbaiki pencernaan dan mengatasi konstipasi

Probiotik pada pisang membantu menghasilkan enzim yang membantu proses penyerapan nutrisi, sehingga meningkatkan kemampuan sistem pencernaan dan mencegah berkembangnya bakteri tak sehat yang dapat merugikan tubuh. Selain itu, pektin dalam pisang juga membantu mengatasi sembelit dan meningkatkan fungsi usus.

sumber: health.detik.com

Leave a Reply