Aturan – Aturan yang Tidak Tertulis dari Dayak

130132_penari-dayak_663_382

130132_penari-dayak_663_382

Suku ada dayak sebagai salah satu suku Indonesia yang dikenal dunia dengan memiliki karakternya sendiri dibandingkan dengan suku yang lainnya. Apalagi dengan karakteristik Indonesia sebagai negara kepulauan yang menjadikan keragaman yang mencari ciri masing – masing. Oleh sebab itu banyak ilmuwan sosial dunia yang tertarik dengan suku di Indonesia untuk dipelajari.

Misalanya saja banyak hal aturan yang dipunyai oleh suku dayak yang menjadi nilai kehidupan masyarakat dayak. Namun tidak semua aturan itu tertulis sehingga bagi masyarakat pendatang yang ingin hidup atau sedang melakukan penelitian harus dapat mengerti aturan tersebut. Sebab bila melanggar aturan tersebut seseoran tersbut dapat diberikan hukuman adat. Kemudian terdapat tuju aturan yang tidak tertulis:

155843_tari-perang-suku-dayak-kenyah_663_382

  1. Rasi merupakan sebuah pertanda alam yaitu tanda-tanda yang dihasilkan oleh alam baik itu suara, wujud dll yang dipercaya oleh masyarakat dayak dapat mempengaruhi kehidupan mereka.
  2. Lala’ merupakan sebuah aturan berupa larangan mengkonsumsi atau melalkukan sesuatu yang telah di tentukan oleh adat.
  3. Niat atau Janji merupakan sesuatu aturan yang harus di pegang teguh oleh masyarakat dayak, karena bagi masyarakat dayak, janji adalah sesuatu hutang yang harus di bayar sehingga ketika telah mengucap niat atau janji maka itu wajib untuk di tepati.
  4. Mali merupakan aturan larangan untuk tidak mengkonsumsi aau melakukan sesuatu yang diertai sangsi psikologis, misalnya menikah dengan saudara sedarah.
  5. Tulah merupakan aturan yang didapatkan atau sebuah sebab akibat ketika masyrakat dayak telah melanggar aturan mali (poin 4)
  6. Karma merupakan sebuah tindakan yang telah dilakukan di masalalu dan berakibat pada masa sekarang. Bagi masyarakat dayak , karma merupakan sebuah hukuman yang setimpal terhadap apa yang telah dilakukan di masalalu.
  7. Jukat merupakan sebuah hasil dari tindakan yang melanggar berbagai pantangan-pantangan yang berkaitan dengan mahluk halus. misalnya di larang kencing di bawah pohon angker, tapi tetap di lakukan (viva.co.id).

Leave a Reply