Ekspor Perhiasan Indonesia meningkat 100 %

emas

emas

Banyak pakar ekonom yang mengungkapkan bahwa industri kreatif itu sebagai fondasi ekonomi Indonesia yang sangat sesuai dan terbukti dapat bertahan dalam arus krisis global. Hal ini terbukti dengan semakin banyak industri yang mencoba melakukan inovasi untuk dapat bersaing di tengah pasar global. Misalnya perhiasan produksi Indonesia mengalami peningkatan ekspor yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya. Dimana pada periode januari – Agustus 2014 ekspor perhiasan telah menembus angka  US$ 3,17 miliar (Rp 38,5 triliun). Keberhasilan ini telah melampaui target yang diperkirakan hanya dapat mencapai US$ 2,3 miliar (Rp 27,9 triliun).

Hasil ekspor ini sangat mengagetkan bagi kalangan industri sendiri dan pemerintah. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Direktur Jenderal  Pengembangan Ekspor Nasional, Nus Nuzulia Ishak, bahwa ada peningkatan yang luar biasa. “ ekspor tahun ini naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya atau bisa dikatakan naik 100,42%,” ungkap Nuzila.

Keberhasilan perhiasan dalam meningkatka ekspor ini ditengarai sebagai daya tarik pasar terhadap inovasi dan kreatif dari perhiasan yang dihasilkan. Ini di dukung oleh data yang dimiliki oleh Jendral Pengembangan Ekspor dalam lima tahun terakhir ada peningkatan ekspor dari perhiasa. Dampak dari peningkatan ekspor juga memberikan kesejahteraan terhadapa perajin perhiasan.

Kemudian negara yang menjadi tujuan ekspor dari perhiasan itu antara lain Singapura, Hong Kong, Afrika Selatan, Amerika Serikat, dan Uni Emirat Arab. Negara tujuan ekspor tersebut memiliki daya tarik yang kuat untuk dapat menikmati kreasi perhiasan asal Indonesia. Ini memberikan angin segar terhadap masa depan industri kreatif perhiasan Indonesia (satuharapan.com).

Leave a Reply