Sajian Ikan Bakar Parepare

ikanbakarbyYaniforblog1

Indonesia di kenal sebagai negara kepulauan dan wilayah perairannya lebih luas dari daratannya. Keberadaan ini juga berpengaruh terhadap makanan khas yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Misalnya saja ikan bakar parepare yang kenikmatannya telah banyak menghipnotis banyak orang yang pernah sekali merasakannya karena ketagihan untuk dapat mencoba kembali.

Makanan ini berasal dari Indonesia Timur yaitu Sulawesi Selatan dan perisisnya kota Makasar. Rasanya sangat menggoda untuk dapat mencobanya, apalagi bahan dan ikan itu berasal dari tempat asal sendiri. Sehingga ikan bakar ini menjadi makanan khas yang sangat digemari oleh masyarakat dan pendatang yang suka berburu kuliner.

Lantas kenapa ikan bakar ini dinamai dengan ikan bakar parepare. Ini diambil dari bahasa setempat dimana dalam bahasa Makasar “parepare” bermakana bakar-bakaran. Lantas sejak kapan ikan bakar ini sudah ada? dalam penelusuruan penulis dengan mencari berbagai sumber mendapat gambaran bila ikan ini sudah ada sejak tahun 1980-an. Keberadaannya ini dimulai dari ide dari Etty Rohait untuk dapat membuat sebuah sajian yang bisa menjadi ciri khas dari Makasar.

Selanjutnya pengelolaan ikan bakar parepare telah turun temurun dalam beberapa generasi. Sehingga belum lama ini di Jakarta telah dibuka gerai warung ikan bakar parepare pada tahun 2010. “Sebenarnya ikan bakar ini biasa dibuat oleh masyarakat Makasar ketika akan membuat hajatan,” tutur Etty.

Kemudian apa yang membedakan ikan bakar parepare dengan ikan bakar yang lainya. Menurut Etty, Ikan bakar Parepare memiliki rasa yang lebih enak karena Ikannya lansung dari Makasar. Karena di Makasar kondisi airnya masih bagus dan layak untuk berkembang biak dengan baik. sedangkan untuk hal yang lainnya hampir sama dengan ikan-ikan laut pada umumnya.

Sumber: okefood.com

Leave a Reply