Merah Putih sebagai Bubur Nusantara

merah putih

Tak kala bangsa Indonesia sudah memasuki abad ke-21 yang mana banyak akulturasi budaya asing yang terus mewarnai dan meramaikan dalam kehidupan masyarakat. Hal ini menjadikan banyak generasi muda yang tidak paham dengan kekhasan dari masyarakat nusantara. Misalnya dalam hal makanan asli Indonesia yang sudah tidak banyak di jajakan seperti makanan cepat saji yang memenuhi tempat perbelanjaan.

Salah satu makanan yang sudah tidak mudah ditemukan oleh generasi sekarang adalah Bubur Beras Merah Putih yang berasal dari Jawa. Makanan ini biasa dinikmati ketika ada hajatan yang khusus, mulai dari sewaktu sukuran atas kelahiran bayi atau acara-acara besar kampung. Maka selain dalam acara tersbut jarang sekali ada yang menjajakan makanan ini. Dalam bubur ini mengandung makna simbolitas yang mendalam karena seperti warna bendera negara Indonesia.

Meskipun, sebenarnya bubur yang berwarna merah ini tidak merah seperti warna bendera, namun tampak kecoklatan dari hasil percampuran dengan gula merah. Kemudian pada warna putih karena bahan yang dibuat bubur ini dari beras putih. Bubur ini berasa dan gurih yang berasal dari bubur putih dan yang rasa manis itu bubur merah.

Namun seiring waktu yang terus berjalan ditambah lagi dengan pergantian generasi telah membuat budaya membuat bubur ini telah mulai luntur. Dari persoala itu perlu sebuah penjagaan akan budaya bangsa dari gerusan globalisasi. Karena ini adalah persoalan semua kalangan masyarakat Indonesia untuk menjadi penjaga dan pengembang budaya Indonesia.

Sumber: kuliner.puanmaura.com

Leave a Reply