Mengurangi Bau Kaki

Kesehatan

kaki

Bagi banyak orang yang memiliki aktivitas dengan frekuensi tinggi dan biasanya mengenakan sepatu. Hal ini untuk memudahkan dalam bergerak dan tentunya lebih aman dari pada hanya memakai sandal. Namun saat mengenakan sepatu, kondisis kaki yang keringat dan mengakibatkan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Ini baru disadari ketika membuka sepatu yang telah dikenakan dalam seharian dan keadaan seperti ini sangat menggangu bagi orang yang berada disekitarnya.

Bau kaki ini yang  ada itu ditengari dari bakteri yang menempel pada kaki karena kondisi yang lembab. Oleh sebab itu, berbagai cara telah di coba orang untuk dapat menanggulangi masalah ini. Namun menurut pakar kesehatan kaki dari Atlanta, Georgia, Rondrick Williamson, bahwa menjaga kondisi kaki yang tetap kering akan mengurangi terkena bau kaki. Berikut ini ada enam cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengurangi bau kaki yang lembab.

  1. Rendam kaki dalam air garam

Garam mampu menarik kelembaban dari kulit sehingga mengurangi bakteri yang hidup di sana. Untuk mengatasi bau yang mengganggu, rendamlah kaki dalam air larutan garam sekitar 20 menit. Lakukan ini setiap hari selama dua minggu.

  1. Masukkan cuka

Cuka dapat membuat lingkungan yang tidak nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Karenanya, merendam kaki dalam larutan cuka selama 30 menit setiap hari dalam seminggu akan mengurangi jumlah bakteri di sana.

  1. Manfaatkan teh

Asam dalam teh dalam mengecilkan pori-pori sehingga mengurangi keringat yang keluar. Teh juga berperan sebagai antibiotik alami yang mengurangi jumlah bakteri pada kaki. Merendam kaki dalam larutan teh hangat selama 30 menit mungkin akan membantu mengatasi permasalahan bau kaki.

  1. Pilih kaus kaki yang benar

Bahan seperti nilon akan menyerap kelembaban di kaki, sementara katun akan memudahkan kaki untuk “bernapas”. Bila perlu, selalu sediakan kaus kaki cadangan untuk mengganti kaus kaki yang sudah basah oleh keringat.

  1. Semprot sepatu

Menyemprot sepatu dengan cairan desinfektan yang mengandung etanol atau bahan antibakteri lainnya dapat membunuh bakteri pada sepatu. Dengan berkurangnya jumlah bakteri dalam sepatu, semakin sedikit risiko timbulnya bau kaki.

  1. Gunakan tepung

Mengatasi bau kaki tidak perlu dengan menggunakan bedak atau semprotan yang mahal, cukup dengan gunakan tepung jagung pada sepatu, hal itu sudah mampu mengurangi kelembaban pada kaki sehingga mengurangi bau.

 

Sumber: dechacare.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *