“Flying Boat” Buatan Anak Negeri

peawat

peawat

Bangsa Indonesia telah mampu membuat banyak teknologi yang biasa dibuat oleh negara maju, mulai dari mobil, pesawat terbang, handphone dan masih banyak lagi. Baru-baru ini ada kabar yang menggemberikan bagi Indonesia, karena putra-putri terbaik bangsa membuat pesawat yang dapat mendarat di air atau biasa dikenal dengan flying boat. Pembuatan teknologi ini dilakukan oleh  Indonesia Maritim Institute (IMI) dan menjadi pesawat pertama yang dibuat oleh Indonesia.

Keberadaaan pesawat ini diharapkan dapat membantu trasnportasi yang ada di Indonesia. Karena pesawat ini sangat membantu dengan keadaan geofrafis Indonesia yang sebagian besar wilayahnya adalah lautan dan kepulauan. “Flying boat ini kita sedang urus perizinannya di Kementerian Perhubungan, khususnya yang menangani perhubungan antar laut,” ujar Erid salah satu anggota pembuat pesawat

Pembuatan pesawat ini menghabiskan dana sebesar  Rp 1,5 miliar dan memiliki bobot  950 kilogram (kg) dengan daya jelajah mencapai 300 kilometer (km). Sedangkan daya pacu yang dapat dicapai oleh pesawat ini sebesar  800 mil per jam. Ini sudah cukup dapat membantu mengantarkan penumpang dengan sangat cepat dan efisien.

Dalam hal teknologi pesawat ini menggunakan yang mutakhir dan terbarukan. Ini dengan alat ground effect vehicles OS. Dimana teknologi ini mampu membuat pesawat terbang selama 4 jam tanpa henti. Jangka waktu yang cukup lama dan dapat mengantarkan wialayah pulau-pulau kecil yang tidak terjangkau oleh pesawat terbang pada umumnya.

Sedangkan bahan bakar yang digunakan oleh pesawat ini bio ethanol (premium) dan pertamax, dengan kapasitas tangki yang cukup besar. Kemudian suku cadang pesawat ini sebagian besar dari impor. Di masa depan diharapkan suku cadang dapat dibuat di dalam negeri sendiri dan dapat berkembang lebih baik lagi.

 

Sumber:liputan6.com

Leave a Reply