Paprika sebagai Sumber Kesehatan

Kesehatan

paprika

Tampak dari kejauhan bentuknya seperti sayur tomat, namun ini memiliki ukuran yang lebih besar dan biasanya sebagai salah satu tambahan dalam makanan yang dapat memberikan kekayaan rasa. Karena sayur ini memiliki rasa manis dan segar yang dapat secara langsung menambah cita rasa makanan. Selain sebagai penambah rasa yang mantap, sayur ini juga memiliki banyak khasiat dalam bidang kesehaan yang masih sedikit mengetahuinya.

Lantas apakah buah ini sebenarnya? Namanya adalah sayur paprika yang banyak tumbuh kembang di wilayah pegunungan. Semisal saja di kabupaten bandung, kabupaten cianjur, dan masih banyal lagi. Buah ini, rata-rata memiliki ukuran 50 cm Р150 cm dan berwarna  hijau, kuning, merah, atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad.

Kemudian manfaat apa saja yang dikangdung oleh paprika itu. Paprika mengandung senyawa kimia yang disebut dengan capsaicin. Zat ini mampu membantu dalam mengontrol diabetes dan kolesterol. Oleh sebab itu sangat baik bagi orang yang memiliki kadar gula tinggi.

Ditambah lagi, paprika kaya akan vitamin C, maka mengonsumsi paprika baik untuk meringankan peradangan dan mampu bekerja sebagai zat antioksidan yang kuat. Mengonsumsi paprika juga dapat membantu dalam penyerapan zat besi. Hal ini sangat membantu bagi orang yang baru mengalami patah tulang dan memerlukan banyak pembentukan zat besi.

Yang menarik lagi ternyata paprika adalah sayuran yang rendah akan kalori. Sebab satu buah paprika hanya mengandung 30-40 kalori sehingga dapat Anda jadikan sebagai menu diet Anda. Paprika merupakan sumber lycopene yang baik. Zat ini membantu dalam menurunkan risiko kandung kemih, pankreas, dan kanker serviks.

Di atas manfaat yang dikandung oleh sayuran paprika bagi tubuh manusia. Namun baru sedit masyarakat yang sering memasak sayur paprika sebagai salah satu menu makanan. Hal ini ditengarai karena belum mengetahui manfaat yang terkandung dalam paprika.

Sumber: merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *