Museum Batak untuk Dunia

download (1)

Museum bagi kebanyakan orang sebagai tempat untuk mengetahui akan benda masa lalu yang memiliki nilai sejarah. Karena masih sedikit yang memahami kalau museum menjadi tempat pendidikan yang paling utama bagi masyarakat untuk mengenal apa yang ada pada masa lalu dan dapat menjadi wadah diskusi untuk pembacaan akan masa depan. Hal ini yang telah dilakukan oleh sebagian musem yang berada di Indonesia menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi seperti tempat hiburan dan pelestaran kebudayaan.

Misalnya saja museum swasta yang menjadi cagar budaya untuk masyarakat Batak yaitu Museum Batak TB Silalahi Center, di Balige, Sumatera Utara. Sebagaimana yang di kemukakan oleh TB Silalahi sekaligus pemilik museum ini, bahwa keberadaan Museum Batak ini untuk mengenalkan kebudayaan Batak lewat budaya kepada orang Indonesia dan bangsa dunia.

 

Harapan ini sebagai salah satu cara ideal untuk melestarikan kebudayan nusantara dan khususnya batak. Dalam membangun dan mengembangkan musem ini mendapat sebuah pengharagaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kategori Museum Swasta Terbaik Pelestari Cagar Budaya dan Permuseuman 2014. “ pengahargaan ini sebagai wujud keberhasilan dalam niat tulus yang ada,” tutur Silalahi.

Kedepan dia berharap ada kerjama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Fetival Danau Toba. Sebab dengan ada kerjasama yang baik, akan menjadikan museum ini lebih dikenal oleh orang lain dan wisatawan yang datang dalam acara tersebut. Hal ini sebagai sebuah paketan dalam saat yang bersamam yang bisa didapatkan oleh pengunjung.

Sumber: kompas.com

Leave a Reply