Banyuwangi Menyapa Dunia lewat Batik

Berita Baik

banyuwangi-batik-festival-2014

Pada tahun ini Banyuwangi kembali lagi mengadakan acara Banyuwangi Batik Festival (BBF) 2014. Acara ini diselenggarakan di Gelanggang Seni dan Budaya (Gasibu) Banyuwangi dan acara puncaknya akan diadakan pada tanggal 20 September 2014. BBF ini sebagai salah satu cara pemerintah untuk dapat menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung dan mengetahui sebagai tujuan wisata yang baik.

Pagelaran BBF sendiri sebagai salah satu pengembangan dan penjagaan budaya lokal yang harus tetap terawat dengan baik dan mengenalkan pada bangsa lain. “Ada banyak daerah yang begitu bersemangat membawa tema budaya luar ke tingkat lokal, kami justru membawa tema budaya lokal ke level global. Salah satunya lewat Batik Festival ini,” ujar Anas. Dampak yang diharapkan dari acara ini dengan semakin banyak bangsa lain yang mengetahui Banyuwangi sebagai kota wisata dan budaya.

download (2)

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa, batik pada waktu sekarang ini telah menjadi sebuah mode pakaian yang menarik dan tidak terkesan kuno. Karena semakin banyak kreativitas yang diberikan pada batik, sehingga membuatnya tidak tampak kuno. “Kini batik telah menjadi sebuah tren dalam masyarakat, oleh sebab itu harus mendapat respon yang baik dari semua elemen masyarakat untuk mengembangkannya,” tutur Azwar.

Festival kali ini, BBF megangkat tema “kangkung setingkes”. Kangkus setingkes sendiri salah satu jenis batik dari 44 yang dimiliki oleh Banyuwangi. Pengankatan tema ini untuk semakin mengenalkan kepada masyarakat tentang jenis batik yang satu ini. Sebab banyak masyarakat yang belum mengetahui dengan baik.

Acara BBF sendiri dirangkai dengan beberapa acara yang memeriahkan pagelaran ini. Mulai dari omba desain motif batik, lomba desain busana batik, lomba mencanting, lomba peragaan busana, hingga pameran. Lomba desain banyak diikuti oleh desainer muda Banyuwangi.

Sumber: merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *