Indonesia Mendapat Mendali di Conference of Young Scientist (APCYS) 2014

Berita Baik Pendidikan

220px-Logo-APCYS-01

Dalam satu dasawarasa ini, prestasi mudai-mudi telah melambungkan nama Indonesia dikancah dunia melalui prestasi keilmuwannya. Belum lama ini, sekelompok anak Indonesia mampu membawa mendali ke-Indonesia dalam ajang Asia-Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) ke-3, 2014, yang diselenggarakan di National Academy for Educational Research, Taiwan, 18-22 Agustus 2014.

Dalam ajang ini Indonesia mengirimkan 9 anak dari hasil seleksi ketat yang dilakukan oleh Center for Young Scientist (CYS) Surya University, di bawah pimpinan Monika Raharti, Msi. Dalam penyeleksian CYS bekerjasama dengan dinas pendidikan yang berada di daerah untuk dapat melakukan progam seleksi, hingga tingkat nasional. Lomba ini membawakan 8 penelitian di bidang Fisika, Matematika, Computer Science, Environmental Science dan Life Sciences.

Ajang ini adalah sebuah lomba khusus penelitian dan presentasi karya ilmiah remaja di kawasan Asia-Pasifik, yang bertujuan untuk merangsang rasa ingin tahu para remaja sehingga akhirnya termotivasi untuk melaksanakan penelitian ilmiah. Hasil lomba serta proses seleksi yang terlaksana di tanah air diharapkan akan sekaligus mengadvokasi pendidikan berbasis penelitian di tingkat sekolah menengah. Sehingga ajang ini memberikan sebuah stimulus dalam kemajuan dalam dunia ilmu pengetahuan.

Sedangkan untuk mendali emas dapat diraih oleh Adinda Alifiansi Candra Dewi, dari SMK Theresiana, membawakan penelitian berjudul ‘ “Kelor” Seed as Water Cleanser’. Penelitian ini masuk dalam kategori Environmental Science. Sedangkan salah satu peraih mendali perak,  Jennifer Leonita berasal dari SMA Stela Duce 1 Yogyakarta dengan judul penelitian  “Pineapple Waste Extract as Coffee Enhancer”. Gambaran ini menunjukan kalau kualitas anak Indonesia tidak kalah dengan bangsa lain.

Nama-nama peserta lain yang mendapat penghargaan I Gede Bagus gigih Ferdian Baskara-SMAN Bali Mandara mendali perak, Nicholas Setyawan Hudyono – SMAN 1 Kudus, Jawa Tengah mendali perunggu, Erika Rizki Sagita – SMPN 28 Surabaya. Sedangkan 3 anak yang berhasil mendapat penghargaan khusus yaitu Budiman Mansur Halim (bersama Fernando) – SMP Narada, Tangerang,  Linus Nara Pradhana – SMP Petra 5 Surabaya, dan Ramly Myzhar – SMAN 21 Surabaya.

Sumber: surya.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *