Gurih dan Legitnya Ketan Kratok

krotak

krotak

Bagi sebagian orang kuliner sebagai hal yang menjadi pemacu yang perlu di coba ketika sedang mengunjungi tempat baru. Apalagi untuk kuliner yang tidak ada di kota tinggalnya, sehingga ini memberikan keanekaragaman dalam lidah. Salah satunya kota Probolinggo yang dikenal sebagai kota yang wilayahnya juga masuk dalam gunung Bromo dan Semeru yang tentunyna diantara kita pernah berkunjung kesana.

Dan salah satu kuliner yang perlu di coba itu, ketan kratok. Nama ini mungin belum familiar untuk banyak orang. Karena menurut masyarakat sekitar kratok hanya bisa didapatkan dikota probolinggo, sehingga bagi masyarakat luar kota tidak diketahui. Dan apa sih sebenarnya kratok? Ini sejenis kacang koro yang berukuran kecil dan saat mengolahnya memerlukan kesabaran.

Sebab salah dalam pengolahannya maka cita rasa dari kacang ini akan hilang dan menjadi pahit. Dan kratok sendiri biasanya diolah untuk dijadikan sayur lodeh atau dicampur dengan ketan. Dalam penyajian ketan kratok ini di kasih parutan kelapa dan diberi cairan gula merah sebagai penambah cita rasanya.

Sehingga ketika makanan ini masuk dalam lidah yang akan dirasakan gurih dan manis. Ini didapatkan dari perpaduan gula merah dengan parutan kelapa. Kemudian makanan ini dapat dinikmati di warung-warung pinggiran jalan raya. Dan biasanya warung ini sebagai tempa berkumpul masyarakat sekitar. Jadi bagi pelancong yang bepergian melewati kota probolinggo perlu mencoba makanan ini dan selamat mencoba kekayaan kulnier nusantara.

Sumber: inspirasinusantara.com

Leave a Reply