Pedasnya Nasi Balap dari Lombok

gambar nasi

gambar nasi

Ketika mendengar nama Lombok, maka dalam pikiran akan membentuk pendapat sebagai surga wisata pantai. Namun selain dikenal dengan wisata pantai, juga kulinernya yang lezat dan menggoyang lidah. Salah satunya Nasi Balap Puyung Cap Inaq Esun yang telah dikenal oleh masyarakat setempat menjadi masakan yang nikmat dengan pedasnya. Apalagi masakan ini telah dikenal juga oleh warga asing seiring semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung.

Kemudian latar belakang kenapa makanan ini bernama nasi balap. Dulu makanan ini hanya di jual dipelabuhan dan terminal saja. Karena dijual di tempat itu, maka penjaja-nya selalu terburu-buru melayani pembeli karena berlomba dengan laju bus dan kapal yang akan berangkat.

Sebenarnya tampilan dari makanan ini hampir sama dengan beberapa macam makanan yang ada di nusantara. Lantas apa yang membedakan dengan makanan yang lain? yang membedakan makanan ini teletak pada cita rasa pedas dan malah  pedas sekali yang akan membuat penikmatnya keluar keringat. Hal ini yang memberikan ciri khas terhadap makanan ini sehingga banyak masyarakat yang datang lagi untuk menikmati cita rasanya.

nasi enak

Makanan ini terdiri dari beberapa bahan, misalnya saja  berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. sedangkan bumbu ayamnya terdiri dari cabai, bawang putih dan terasi. Untuk perbandingan, jika kita memasak 10 kg ayam, komposisi cabainya sekitar 1 kg dan sedikit bawang putih serta terasi.

Makanan ini sangat terkenal di kota asalnya yaitu Lombok. Dengan nama warung Nasi Balap Puyung Cap Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, Lombok Tengah. Untuk dapat mencapai tempat ini haru melalui gang-gang kecil yang jauh dan gelap. Namun itu bukannlah sebuah hal yang menjadi penghalang untuk mencapai tempat itu.

Warung ini telah dibuka sejak tahun 70-an yang lalu, jadi tidak heran telah menjadi tempat makan yang melegenda bagi masyarakat sekitar. Sekarang warung ini memiliki 2 cabang. Pertama yang berada di bilangan Plaza Senggigi, Lombok Barat dan Jalan Sriwijaya Mataram ini dikelola oleh Hj. Syarifa yang merupakan anak dari Inaq Esun.

Sedangkan setiap porsi makanan ini dibandrol dengan harga yang tidak menguras kantong yaitu Rp. 10. 000. Maka dengan harga yang segitu pengunjung sudah dapat menikmati satu porsi Nasi Balap Inaq Ensun. Maka bagi yang mau berkunjung ke lombok perlu kiranya untuk menikmati makanan ini.

Sumber: lombok.panduanwisata.com

Leave a Reply