Paniki , Makanan Ekstrim khas Manado

paniki 4

paniki 4

Bagi sebagian orang makanan ini tidak boleh dikonsumsi dengan alasan haram. Namun untuk masyarakat yang lain membolehkannya, malah menjadi menu khas daerah tersebut. Inilah jenis keanekaragaman yang ada di Indonesia. Karena setiap daerah memiliki tata cara dan budaya yang tidak sama, sehingga ini juga yang terjadi pada makananannya. Namun itu, bukanlah hal yang akan menjadikan disintegrasi bangsa, tapi malah menjadi sumber kekayaaan yang jarang dipunyai oleh bangsa lain.

Makanan ini bernama paniki, yang berbahan dasar kelelawar. Nama paniki sendiri dalam bahasa Indonesia berarti kelelawar. Biasanya sebelum dimasak kelelawar ini di bakar dulu untuk menghilangkan bulunya. Sehingga pada waktu pengolahan akan memudahkan pemasakannya.

paniki

Sedangkan Bagi masyarakat luar kota menyebut makanan ini sebagai makan yang ekstrim. Sebab banyak masyarakat yang beranggapan bahwa kelelawar itu binatang yang cukup menjijikan dan menggelikan. Namun hal ini tidak terjadi di pandangan masyarakat Madano sendiri, karena bagi mereka makanan ini banyak mengandung khasiat dan kelezatan tersendiri.

Salah satu khasiat yang di dapat dari mengkonsumsi daging kelelawar adalah penyakit asma. Sebab daging kelelawar mengandung kitotefin yang berfungsi menstabilkan membran sel mastosit. Apalagi asma yang disebabkan dengan alergi bisa dicegah.

paniki sate

Dan untuk mendapatkan makanan ini tidak terlalu sulit di kota Madano. Alasannya sepanjang jalanannan kota Manado banyak warung yang menjualnya. Sedangkan untuk masyarakat yang ingin mengolah sendiri, bisa mendapatkan makanan ini di pasar yang banyak di jual oleh pedagang seperti daging sapi atau ayam. Dan untuk masyarakat yang berada di luar manado dapat memperoleh makanan ini di kota-kota besar yang menjual masakan Manado.

Sumber: viva.co.id, merdeka.com,  dan duniakuliner.info

Leave a Reply