Memukaunya Danau Warna: Wonosobo

Wisata

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Saat kaki telah memasuki area danau, maka akan disuguhkan dengan cahaya warna dari air. Ini memanjakan mata dengan keindahan yang diberikan oleh danau warna sebagai penuduh hati dan jiwa. Bertempat di Kabupaten Wonosobo, Kecamatan Kejajar Wonosobo Danau Warna telah menjadi wisata andalan bagi pemeritntah setempat. Karena banyak pengunjung yang rela berkunjung hanya untuk menikmati keindahan yang diberikan oleh danau.

Kemudian banyak cerita yang hidup di masyarakat sekitar tentang nama danau warna. Sebab danau ini warnanya dapat berubah-rubah dan memberikan kekhasan tersendiri dan memiliki banyak cerita yang berkembang. Namun, secara keseluruhan tinggal dua cerita yang masih terpelihara di masyarakat. Pertama ada masyarakat yang beranggapan, bahwa danau ini menceritakan bila perubahan warna itu disebabkan oleh jatuhnya cicin seorang bangsawan. Cincin itu dipercayai memiliki kekuatan supranatural yang tinggi, sehingga mampu merubah warna danau.

Sedangkan cerita kedua yang masih berkembang di masyarakat hingga kini, bahwa danau itu tempatnya bidadari. Sehinga warna yang di dapatkan dari telaga itu berasal dari pancaran para bidadari. Certia-cerita yang seperti ini, sangat lekat dalam masyarakat nusantara hinga kini. Ini sebagai karakteristik yang dimiliki masyarakat nusantara.

Untuk menikmati danau warna, para pengunjung dimintai untuk membayar retrebusi sebesar Rp. 6.000/ orang. Retribusi ini bukanlah harga yang mahal dengan apa yang akan didapat dari keindahan danau. Namun bagi pengunjung perlu menyiapkan bekal sendiri, karena disekitar danau tidak terdapat penjual yang berdagang. Hal ini disebabkan untuk tetap menjaga keasrian dan kesucian danau warna.

Lantas bagaimana pengunjung untuk dapat menikmati danau? Mungkin terdapat beberapa kegiatan yang dapat dilakukan. Bagi pengunjung yang belum pernah berkunjung dapat menyusuri tepian danau, sebab untuk mendapatkan pemandangan yang indah. Apalagi bagi pecinta dunia fotografi, pengambilan angel gambar itu memiliki nilai tersendiri yang akan menghailkan gambar bagus dan indah. Ketika kaki sudah mulai merasa lelah untuk berjalan, pegunjung dapat duduk manis di balkon kecil sambil menikamti suasana dan fenomena danau.

Ada juga cara yang lain untuk dapat menikmati panorama dari danau, dengan mendaki ke puncak bukit yang memagari danau. Dari puncak bukit, pengunjung akan mendapat keindahan dengan warna-warni ungu yang cantik, bergradasi dengan warna hijau dan ini juga hanya di dapatkan dari puncak bukit. Selain pengunjung akan mendapatkan kecantikan danau juga dapat kerindangan pohon-pohon disekitar bukit.

Di dekat danau warna, juga terdapat Telaga Pengilon yang tak kalah cantik dan indahnya. Sebab danau ini memiliki kelebihan airnya yang sangat bersih dan oleh masyarakat sekitar kalau danau ini dapat mengetahui hati manusia. Selain itu juga terdapat gua-gua yang perlu untuk dikunjungi. Misalnya saja Gua Semar Pertapaan Mandasari Begawan Sampurna Jati yang didepan mulut gua terdapat sebuah patung arca perempuan. Di dalam gua ini terdapat kolam kecil yang airnya diperacaya oleh maysarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit. dan masih ada Gua Sumur Eyang Kumalasari dan Gua Jaran Resi Kendalisito.

Sumber: indonesia.travel dan travel.detik.com

1 thought on “Memukaunya Danau Warna: Wonosobo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *