Timun dapat Mencegah Kanker

Kesehatan

ketimun

Sayuran yang satu ini, banyak menemani kita, saat memesan makanan lalapan atau penyetan di tempat makan. Karena rasanya yang enak dan segar ditambah memberikan rasa sedap, ketika dicolekkan ke dalam sambal. Ini adalah sayur timun yang menempati urutan keempat untuk di budidayakan oleh dunia. Sebab selain rasanya yang enak, tapi juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Namun belum banyak orang mengetahui dengan baik, apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya.

Misalnya saja kalau ketimun itu sebagai sumber vitamin B yang memiliki khasiat sebagai pengubah karbonhidrat menjadi glukosa dan menjadikan energi. Kemudian vitamin ini mampu memperbaiki sistem pencernaan dan produksi asam klorida (HCL) yang berfungsi memecah lemak, protein, dan karbonhidrat. Dan sayur ini juga sebagai sumber vitamin C yang memiliki khasiat untuk membantu metabolisme kolestrol menjadi asam empedu.

Dan itu kandungan vitamin yang ada di dalam sayuran timun. Tapi perlu diketahui bersama bahwa sayur ini dapat mengobati kekurang air. Sebab kandungan air di dalamnya memilki presentase 95%. Oleh sabab itu dapat mencegah kita dari dehidrasi yang akan mengganggu kinerja tubuh manusia dalam keseharian.

Tambah lagi sayur ini juga mampu menyembuhkan kulit saat terbakar oleh cahaya matahari. Apalagi untuk kulit yang sangat sensitif , dapat mengurangi rasa sakit yang cukup signifikan. Dengan cara memotong irisan ketimun yang kemudian ditempelkan ke kulit yang sakit.

Namun dari keseluruhan manfaat ketimun di atas ada yang paling bermanfaat bagi kesehatan, yaitu pencegah kanker. Sebab ketimun itu mampu mencegah penyakit kanker karena memiliki kandungan lariciresinol, pinoresinol, serta secoisolariciresinol yang menurut penelitian dapat menurunkan penyebab kanker. Dan kanker adalah salah satu penyakit yang banyak membunuh manusia.

Oleh sebab itu sayur ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai salah satu sayuran dalam menu harian. Karena manfaat yang banyak sekali di dalamnya, sudah semestinya untuk jadi pilihan. Sehingga tubuh itu, akan terpenuhi kebutuhannya, selanjutnya  diimbangi  dengan olah raga yang rutin, maka tubuh akan sehat.

Sumber: sehat.info, amazine, dan gen22.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *