Indonesia Raih 7 Medali dalam Lomba Karya Ilmiah ICYS di Serbia

tim-indonesia-icys-21

Putra-putri remaja Indonesia kembali meraih prestasi membanggakan dalam ajang lomba presentasi karya ilmiah tingkat dunia, 21st International Conference for Young Scientists (ICYS) yang diselenggarakan pada 17-23 April 2014 di Belgrade, Serbia.

Dalam ICYS ke-21 ini, Indonesia berhasil memborong 2 medali emas (Matematika dan Ekologi), 2 medali perak (Ilmu Hayati dan Ekologi), 2 medali perunggu (Matematicska dan Ekologi), 1 penghargaan khusus (Ilmu Komputer) dan penghargaan poster ilmiah terbaik.

Bersaing dengan puluhan peserta dari 15 negara, Indonesia berhasil membuktikan bahwa track record untuk meraih medali emas setiap tahun sejak 2009, masih bisa dipertahankan. Bahkan tahun ini, karya ilmiah matematika dari Tim Indonesia berhasil mendapatkan medali emas. Bidang Matematika adalah bidang yang selama ini sulit ditembus perolehan emasnya oleh Indonesia.

Indonesia membawa satu tim terdiri dari 8 siswa SMP/SMA dengan delapan judul penelitian, didampingi satu team leader, Syailendra Harahap S.Si. dari Surya University.

Tim ini telah terpilih melalui Lomba Peneliti Belia (LPB) tingkat daerah yang para pemenangnya diseleksi kembali di tingkat nasional untuk menentukan anggota tim nasional ke ICYS serta lomba tingkat Asia Pacifik, APCYS.

Center for Young Scientists (CYS) Surya University pimpinan Monika Raharti S.Si berperan dalam melancarkan kerja sama penyelenggaraan setiap LPB daerah, serta bertanggung jawab atas seleksi tingkat nasional serta pembinaan lanjutan hingga lomba berlangsung.

Lomba karya ilmiah ini termasuk salah satu bentuk advokasi pendidikan berbasis penelitian yang dicanangkan Surya University, sebagai universitas berbasis penelitian pertama di Indonesia, di semua tingkatan pendidikan, sejak PAUD hingga tingkat pendidikan tinggi.

Dubes RI untuk Serbia beserta staf sangat aktif mendampingi tim sejak tiba hingga awarding ceremony sehingga Indonesia sekarang dikenal sebagai negara yang KBRI-nya selalu aktif dalam mendampingi Tim Indonesia di ICYS setiap tahun di berbagai negara.

Semoga putra putri Indonesia calon peneliti tingkat dunia ini tetap akan berkiprah dalam studi dan kariernya di masa depan.

Berikut rincian perolehan medali secara lengkap:

  1. Harman Dewantoro (SMA Cita Hati Surabaya) meraih Emas untuk kategori Matematika dengan judul penelitian “Chaotic Bare-Bones Particle Swarm Optimization”
  2. Jocelyne Livia Kusuma (SMA Santa Laurensia, Tangerang) meraih  Emas & Best Poster untuk kategori Ekologi dengan penelitian  “Concentration effect of Papaya (Carica papaya) Stem Extract To Inhibit the Growth of Phytophthora infestans on Potato (Solanum tuberosum)”.
  3. Josiah Christopher (SMA Cita Hati, Surabaya) meraih Perak untuk kategori Ilmu Hayati dengan penelitian “A Novel Antibacterial Agent from Eichhornia crassipes (Water Hyacinth).”
  4. Jeff Bastian Wongso Wijaya (SMA Kristen Petra 1, Surabaya) meraih Perak untuk kategori Ekologi dengan penelitian “Scylla Serrata as Bioplastic.”
  5. Wilbert Osmond (SMP Chandra Kusuma, Medan) meraih Perunggu untuk kategori Matematika dengan penelitian “Growing Trees in Padovan Sequence for the Enhancement of L-System Algorithm.”
  6. Ni Luh Putu Lilis Sinta Setiawati (SMAN Bali Mandara, Singaraja) meraih Perunggu untuk kategori Ekologi dengan penelitian ” The Use of Neem (Azadiractha indica) Incense as a Mosquito Repellent.”
  7. Gracesilia (SMP Kristen Petra 3, Surabaya) meraih Special Award untuk kategori Ilmu Komputer dengan penelitian “Learning Saron by Motion Gesture Technology.”

referensi: Grace Natali, Surya University dan indonesiaproud.wordpress.com

Leave a Reply