Ekspor Patung Bali Menghasilkan Jutaan Dollar

Bisnis

patung bali

Bali sudah dikenal oleh dunia sebagai tempat wisata yang menarik dan menakjubkan. Namun perlu diketahui juga, bahwa Bali sebagai daerah yang kaya akan budaya dan seninya. Misalnya seni tari, seni musik, dan seni mahat patung. Khususnya untuk hasil patung ini, telah banyak menyumbangkan devisa yag cukup besar dan dari tahun ke tahun selalu naik.

Misalnya saja pada tahun 2012 hasil dari ekspor patung ini mendapatkan 71,29 Juta dollar AS. Kemudian pada tahun 2013 terdapat kenaikan 26,75 persen dan  pendapatannya menjadi  90, 61 Juta dollar AS.  Sedangkan untuk tahun ini terdapat kenaikan lagi, misalnya bulan Februari tahun lalu memperoleh 4, 51 juta dolar dan sekarang mendapat 4, 82 juta.

Kabar ini menunnjukan bahwa kerajinan patung kayu itu sangat di minati oleh orang luar. Sehingga memberikan peluang bagi perajin patung untuk dapat memasarkan produksinya. Walapun untuk saat ini perajin yang membuat patung itu baru berasal dari kabupaten Gianyar saja. Sedangkan tempat lain misal kabupaten Tabanan, Klungkung, dan Badung belum bisa menembus pasar ekspor.

Peluang ekspor itu sangat terbuka untuk pasar seni patung, namun harus diimbangi dengan kualitas barang. Sehingga akan banyak perajin yang lain dapat mengekspor hasil seni kerajinannya. Karena negara Indonesia sangat banyak hasil seni tinggi yang bisa menjadi komoditi ekspor.

Disisi lain, pengekporan yang melewati Bali atau pelubahn Benoa baru sekitar 52, 3 persen. Sedangkan sisanya dikirimkan melalui pelabuhan di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta. Ini menunjukan infrastruktur pelabuhan di Bali masih belum memadai  untuk dapat melakukan kegiatan pengeksporan.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *