Nikmatnya Makan Pengkang Pontianak

Kuliner

pengkang

 

Kota Pontianak sebagai ibu kota provisni Kalimantan Barat yang terletak di pulau Kalimantan. Nama lain dari kota ini (pinyin; kundian) oleh para etnis tionghoa. Posisi yang berada di jalur khatulistiwa juga memberikan nama sebagai kota khatulistiwa sebab dilalui garis lintang nol derajat bumi. Kota ini memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk disinggahi baik alam atau wisata kulinernya

Bagi pelancong yang kebetulan sedang berada di kota pontianak perlu mencoba makanan ini. Terbuat dari beras ketan di bentuk segitiga dan dibungkus dengan daun pisang. Didalamnya terdapat ebi yang membuat makanan ini menjadi lebih menggoda untuk dinikmati. Makanan ini namanya adalah pengkang yang telah menjadi makanan khas kota Pontianak.

Cara pembuatan makanan ini cukup unik dengan dua buah pengkang dijepit menggunakan kayu, kemudian dibakar di atas bara api. Rasanya gurih dan membuat nafsu makan semakin meningkat dan tak mau berhenti hingga kenyang. Makanan ini memiliki patner untuk bisa mencapai kenikmatan lidah. Biasanya ditemani dengan sambal kepah, yang terbuat dari bahan utama kerang yang banyak hidup di hutang mangrove dekat pantai.

Perpaduan antara pekang dengan sambal kepah akan menghasilkan cita rasa manis dan pedas. Sehingga sayang sekali kalau dilewatkan untuk mencicipinya. Sebagai salah satu makanan yang banyak mengadung protein dan karbonhidrat.

Untuk mendapatkan makanan ini bisa berkunjung di beberapa tempat di Pontianak. Misalnya saja daerah peniti daerah ini sekitar 30 km dari kota Pontianak, disana terdapat banyak sekali pondok makan yang menjual pengkang. Di wilayah tersebut banyak penjual yang menjajakan makanan khas itu dengan berbagai varian harga.

Sumber: Kuliner.grosirkeripik.com, wisatapontianak.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *