Mengenal Alat Musik dari Indonesia Timur; Tifa

tifa

 

Mengenal lebih berbagai  jenis alat musik khas nusantara akan membuat wawasan budaya dan seni bangsa sendiri akan meningkat. Sebab, ini bisa menjadi salah satu warisan budaya yang dapat mengharumkan nama baik bangsa di kancah dunia. Misalnya saja dunia mengakui angklung yang telah mendunia dan diakui oleh UNESCO sebagai alat musik warisan dunia.

Di Indonesia sendiri memiliki  berbagai jenis alat musik yang berbeda-beda antar daerah. Hal ini dikarenakan karakteristik wilayahnya yang kepulauan sehingga mengakibatkan banyakya suku, bahasa, dan budaya yang berbeda-beda. Oleh sebab itu kita perlu mengenal akan berbagai macam kekayaan bangsa yang bukan hanya alamnya saja, namun budayanya. Salah satunya itu adalah alat musik tifa yang berasal dari Papua dan Maluku. Meskipun namanya berbeda, karena masyarakat Maluku menyebutnya dengan tahito atau tihal.

Alat musik ini memiliki bentuk dan suara yang mirip dengan gendang yang berasal dari Jawa. Tifa sendiri terbuat dari potongan pohon yang isinya dikeluarkan dan di unjungnya diberi kulit hewan yang telah kering. Untuk jenis kulit yang digunakannya itu biasanya memakai hewan rusa. Bentuk alat musik ini biasanya di berikan sebuah ukiran untuk menambah menarik untuk dipandang. Sedangkan cara memainkanya sama dengan alat musik gendang yaitu dipukul dengan tangan.

Tifa sendiri memiliki berbagai macam jenis, misalanya saja terdapat tifa jekir, tifa dasar, tifa potong, tifa jekir potong, dan tifa bas. Tiap jenis ini memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Sebab suara yang dihasilkan dari tiap jenis tifa ini berbeda, namun ketika dimainkan bersamaan akan mengahsilkan harmonisasi nada yang indah. Namun secara keseluruhan nilai guna dari tifa sendiri itu sama.

Penggunaan tifa sendiri biasanya digunakan untuk mengiringi tarian perang dan beberapa tarian lainnya, seperti tari loso dari Maluku. Namun pada waktu sekarang ini kita jarang mendengar suara alat musik ini dimaikan, kalau tidak waktu ada acara tertentu. Pada hal, alat musik ini bisa menjadi salah satu daya tarik bagi wisatwan manca negara untuk berkunjung ke berbagai wilayah di nusantara.

Sumber: alatmusiktradisional.com

Leave a Reply