Banyak Manfaat dari Bawang Putih

Kesehatan

anyar

Bawang putih telah dikenal oleh masyarakat umum memiliki banyak khasiat dalam bidang kesehatan, selain menjadi salah satu bahan bumbu masakan yang sangat menyedapkan. Karena banyak orang yang meyakini kalau rutin mengkonsumsi bawang putih itu juga mencegah dari serangan jantung dan terjangkit kanker. Belum lagi banyak khasiat yang lain yang berasal dari bawang putih ini.

Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi satu suing bawang putih 1-3 kali sehari. Sedangkan bagi anak-anak bisa mengkonsumsi seperempat suing 1-2 kali sehari. Disini kita dapat menyimpulkan bahwa selain menjadi bahan makanan yang lezat, bawang putih juga memilikki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.

Sedangkan menurut para ilmuwan di dalam bawang putih itu mengandung rganosulfur dalam bawang putih memiliki efek antiinflamasi dan juga menghentikan sintetis kolesterol. Penelitian di laboratorium juga menunjukkan organosulfur bisa mencegah penyumbatan darah. Salah satu enzim penting dalam bawang putih yang terkait dengan organosulfur adalah alliinase yang akan dilepaskan jika kita mengiris atau meremukkan bawang putih.

Beberapa studi menyebutkan, panas akan membuat alliinase menjadi tidak aktif atau mengurangi khasiat sehat dari enzim ini. Misalnya saja studi tahun 2001 yang menunjukkan, pemanasan bawang putih di microwave selama 60 detik atau di oven selama 45 menit akan menurunkan efek perlindungan bawang putih terhadap kanker.

Meski begitu kita bisa menjaga agar efek antikanker dalam bawang putih tidak hilang. Caranya dengan membiarkan bawang putih yang sudah diiris atau ditumbuk selama 10 menit sebelum dimasak di atas kompor. Penelitian lain yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2007 menunjukkan, memanaskan bawang putih dalam bentuk utuhan selama 6 menit akan menghilangkan efek pencegahan pembekukan darah

Namun masih banyak orang yang sampai sekarang itu enggan untuk mengkonsumsi bawang putih. Mereka beralasan bawang putih itu berbau dan sangat menggangu dalam berinteraksi dengan orang lain. Hal ini yang menjadikan sebagain orang mengesampingkan manfaat yang ada dari bawang putih.

Sumber: Kompas.com, provantaudio.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *