Sambal Ikan Teri dari NTT (Nusa Tenggara Timur)

Kuliner

sambal

 

Banyak diatara kita tidak tahu kalau sambal ikan teri adalah makanan khas dari Nusa Tenggara Timur (NTT). NTT sendiri terletak di bagian tenggara negara Indonesia. Provinsi ini di dominasi oleh beberapa pulau yaitu Flores , Sumba dan juga Timor Barat. Akan tetapi, provinsi ini sangat menyayangkan kalau SDA yang ada di provinsi NTT belum bisa mensejahtarakan rakyatnya. Siapa yang tidak tahu Pulau Komodo yang bahkan diakui oleh dunia. Tapi keadaan sekitar masih jauh dari kata sejahtera. Oleh karena itu masyarakat harus tahu para pembaca tentang bagaimana kayanya kuliner negeri ini termasuk NTT.

Sambal ikan teri sudah banyak di adobsi oleh daerah lain untuk menjadi salah satu hidangan yang cukup menggoda lidah. Akibatnya banyak orang yang memiliki jiwa pebisnis yang bergerak dibidang kuliner mulai menambhkan sambal teri sebagai menunya. Hal ini dapat kita temui di berbagai warung makan yang ada di kota-kota besar.

Pembuatan sambal ikan teri sendiri ini sebenarnya sangat mudah. Pertama-tama panaskan minyak lalu masukkan lengkuas dan daun jeruk kamudian masukkan ikan teri tambahkan garam lalu aduk hingga kering. Sebenarnya resep paten untuk membuat makanan ini tidak ada karena cara membuatnya bisa dikreasikan dan disesuaikan dengan selera masing masing.

Makanan ini biasanya dimakan dengan nasi putih yang akan mendapat paduan yang paling tepat. Sebab sambal teri ini memerlukan penyeimbang dalam lidah biar semakin terasa lezatnya. Maka bagi orang yang belum pernah merasakan sambal teri harus mencoba dulu agar dapat kelezatan yang ada.

Kelezatan yang ada dalam makanan ini membuat orang banyak yang ketagihan untuk menikmatinya kembali. Ditambah lagi makanan ini menjadi salah satu aset kekayaan yang berasal dari NTT selain kekayaan alamnya. Sehingga ini bisa menjadikan modal kuat untuk semakin menarik bagi para wisatawan.

Sumber: Forum.Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *