The Kingdom Of Butterfly : Bantimurung Bulasarung

Wisata

taman

Sulawesi Selatan memang menyajikan berbagai pesona keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang terletak di Kabupaten Maros, berjarak kurang lebih 30 kilometer dari Kota Makassar. Karena salah seorang ilmuwan besar dunia yaitu Alfred Russel Wallace menjuluki tempat ini dengan sebutan The Kingdom Of Butterfly (kerajaan kupu-kupu) karena saking banyaknya kupu-kupu yang ada. Tempat ini diberi nama dengan sebuatan Taman Nasional Bantimurung Bulusarung yang terletak di Sulawesi selatan.

Secara adminitrasi Bantimurung Bulusarung persisinya terletak di wilayah kabupatan Maros dan  Pangkep. Sedang secara geografi terletak antara 119° 34’ 17” – 119° 55’ 13” Bujur Timur dan antara 4° 42’ 49” – 5° 06’ 42” Lintang Selatan. Luas dari taman nasional ini adalah 43.750 ha. Namun dalam kewilayahan taman nasional ini meliput beberapa kabupaten misalnya saja sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Pangkep, Barru, dan Bonne. Sebelah timur berbatasn dengan kabupaten Maros dan Bone, sebelah selatan berbatasan dengan kabupatenn Maros dan sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Pangkep.

taman 3

Selain akan kupu-kupu bantimurung dikenal juga akan keadaan alamnya yang masih sangat asli dan rindang. Taman nasional ini juga memilki objek wisata yang menarik selain kupu-kupu yaitu karst, goa-goa dengan stalaknit dan stalakmit yang indah. Ini memberikan daya tarik sendiri bagi para pelancong yang menyukai wisata alam yang indah.

Taman nasional ini ditunjuk oleh pemerintah untuk menjadi tempat konservasi alam. Hal ini dengan dikeluarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: SK.398/Menhut-II/2004 tanggal 18 Oktober 2004. Saat ini dikelola oleh Balai Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, yang berkedudukan di kecamatan Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung merupakan habitat berbagai macam flora dan fauna dan yang paling menonjol adalah kupu-kupu, setidaknya ada 20 Jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh pemerintah dan berbagai jenis lain atau sekitar 250 Jenis Kupu-kupu yang mendiami tempat ini.

taman 2

Namun tidak hanya itu, kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini memiliki kurang lebih 80 gua alam dan gua prasejarah yang tersebar di kawasan ini, salah satu gua yang paling diminati oleh para wisatawan untuk dikunjungi adalah Gua batu dan gua Mimpi, cukup unik bukan untuk dikunjungi? Objek menarik selain gua dan kupu-kupu serta air terjun yang ada di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini adalah Gugusan pegunungan Karts nya, yang merupakan gugusan pegunungan alami yang sangat indah, salah satu lokasi yang mempunyai gugusan indah pegunungan karts.

 

Sumber: tn-babul.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *