Masyarakat Yunani memuji keunikan dan kelezatan kuliner Indonesia

Kuliner

kolak-pisang

Masyarakat Yunani memuji keunikan dan kelezatan kuliner Indonesia. Di antaranya,  siomay, sate lilit, dan kolak pisang.

Fakta itu terlihat saat aneka kuliner Indonesia tersebut disajikan pada pameran the 7th International Gastronomy Forum yang digelar oleh Chef’s Club of Greece, Athena, Yunani.

“Para chef atau juru masak terkemuka di Yunani dan pengunjung stan Indonesia memuji keunikan dan kelezatan beberapa kuliner itu,” ujar Sekretaris Satu Pensosbud KBRI AThena John Admiral, Senin (10/2).

Dikatakannya para pengunjung setelah mencicipi kuliner Indonesia yang disajikan oleh KBRI Athena memuji makanan siomay, sate lilit dan kolak pisang dengan mengatakan “monadika..! nostima fagita”. Kata-kata itu merupakan bahasa Yunani yang berarti makanan yang unik dan lezat.

KBRI Athena berpartisipasi dalam the 7th International Gastronomy Forum yang diikuti oleh tujuh negara. Tiap negara peserta disyaratkan menampilkan tiga kuliner tradisionalnya masing-masing dengan bahan baku yang mudah didapatkan di Yunani.

Duta Besar RI untuk Yunani Benny Bahanadewa mengatakan acara semacam ini adalah sarana yang tepat untuk strategi promosi kuliner Indonesia di luar negeri. Makanan Indonesia diharapkan dapat menjadi bagian dari khasanah kuliner global khususnya masakan di Yunani.

Menurut Benny, saat ini kuliner telah dimanfaatkan secara luas oleh banyak negara sebagai salah satu bentuk strategi diplomasi publik yang efektif untuk memperkenalkan budaya masing-masing bangsa dan negara.

referensi: republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *