Makassar siap jadi tuan rumah Kejuaraan Dayung Asia 2014

Olahraga

Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masuk salah satu kandidat tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Dayung Asia 2014.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dengan 90 pedayung SEA Games 2013 di Kantor Kementerian PU Jakarta, Selasa (24/12).

“Dalam pertemuan itu disebutkan bahwa Makassar dan Cipula, Karawang menjadi calon tuan rumah kejuaraan asia 2014,” kata Pedayung Indonesia asal Sulsel Anwar Tarra, saat dihubungi dari Makassar, Rabu.

Mengenai jadwal pelaksanaan kejuaraan Asia 2014, pedayung yang sukses menyumbangkan 11 medali bagi Indonesia di SEA Games 2013 itu mengaku belum mengetahui secara pasti. Namun demikian, dirinya memberikan apresiasi jika Makassar pada akhirnya resmi ditunjuk sebagai penyelenggara.

“Saat itu memang tidak dijelaskan waktu pastinya. Namun saya pribadi sangat bersyukur jika Makassar dapat kepercayaaan. Saya kira dengan menjadi tuan rumah akan memberikan dampak bagi perkembangan olahraga dayung di Sulsel,” katanya.

Pengurus KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, mengaku belum mengetahui kabar soal masuknya Makassar sebagai kandidat tuan rumah kejuaraan dunia.

Namun soal kemungkinan penunjukan Makassar, dirinya mengaku cukup optimistis. Sebab Makassar juga memiliki lokasi yang cukup presentatif seperti di Danau Tanjung Bunga Makassar. Tempat itupula yang sebelumnya menjadi lokasi pelaksanaan kejuaraan nasional (Kejurnas) Dayung 2009.

Selain Danau Tanjung Bunga, Makassar juga masih memiliki lokasi lain seperti Pantai losari. Khusus lokasi ini bahkan sudah dua kali menjadi tempat penyelenggaraan kejuaraan perahu naga bertema” Celebes International Dragon Boat Makassar”.

Pada pelaksanaan pertama 2012, diikuti sejumlah negara seperti China, Australia, Hong Kong, Makao, Singapura, Myamnar, dan Malaysia.

Sedangkan di 2013 semakin semarak dengan kehadiran tim Inggris, Iran, India, Filipina, Australia, Malaysia, Singapura, termasuk Indonesia.

Vice President International Dragon Boat Festival (IDBF), Jonathan Mayne, sebelumnya juga turut menyerahkan sertifikat keanggotaan IDBF untuk Makassar yang diterima Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin.

Ilham Arief Sirajuddin mengatakan sertifikat keanggotaan IDBF menunjukkan bahwa Makassar dipercaya menjadi tuan rumah menggelar perhelatan internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *