Indonesia Berjaya pada 17th World Music Contest, Belanda

Olahraga

Kerkrade – Mewakili Indonesia, grup Marching Band Gita Surosowan (MBGS) dari Banten dengan gemilang berhasil meraih 1 Medali Emas untuk kategori Show World Division pada kompetisi 17th World Music Contest (WMC) di Kerkrade, Belanda, sekitar 235km dari Den Haag arah ke selatan.

MBGS Banten tampil memukau dengan kolaborasi marching band dan teatrikal “Rama dan Shinta”, sebuah paduan demonstrasi aransemen musik modern dan tradisional, disempurnakan dengan koreografi gerakan horn line dan percussion line yang rapi.

Penampilan MBGS ini disambut hangat oleh lebih dari 15 ribu penonton yang memadati Limburg Stadium dan menuai standing ovation pada akhir penampilam mereka, Sabtu (27/7/2013).

Putera-puteri Indonesia dari MBGS Banten totalnya mengumpulkan perolehan nilai 87,89 dan mengungguli grup Van Limburg Stirum Band dari tuan rumah Belanda yang menyabet Medali Perak dengan nilai 84,21 dan Medali Perunggu untuk grup Delfines Marching Band dari Meksiko dengan nilai 75,02.

Menurut informasi penyelenggara, WMC Kerkrade adalah event empat tahunan atau diselenggarakan empat tahun sekali dan hanya mengundang grup-grup terbaik untuk bertarung pada kompetisi musik tingkat tinggi.

WMC melombakan 5 kompetisi marching band yaitu show, marching parade, mars, brass band dan percussion ensemble dengan dua kategori utama yaitu First Division untuk pemula dan World Division untuk peserta internasional.

Sebelumnya pada 21/7, grup Drum Corps Indonesia (DCI) dari Jakarta juga tampil cemerlang pada kategori Show World Division dan merebut 1 Medali Perak dengan nilai 82,42. Adapun Medali Perunggu jatuh ke tangan grup Beijing Fengtai (Cina) dengan nilai 76,62 dan Medali Emas diboyong grup tuan rumah Euroband Rotterdam (Belanda) dengan nilai 87,38.

DCI tampil dengan kolaborasi utama marching band terompet, alat musik tradisional seperti kendang dan ketipung serta tarian parade dengan berbagai bendera warna warni dan bendera merah putih. Penampilan DCI yang semarak dan rapi tersebut mendapatkan apresiasi hangat dari penonton yang memadati stadion.

Sementara dalam kategori Mars World Division, DCI berhasil menambah 1 Medali Perunggu dengan nilai 75,89. Sedangkan Medali Perak diraih grup Harmonie Sikkerveer (Belanda) dengan nilai 84,81 dan Medali Emas direbut grup Feuerwehr Grossen-Linden (Jerman) dengan nilai 88,18.

Walikota Kerkrade, Jos J.M. Som, kepada Dubes RI Den Haag secara khusus menyampaikan apresiasi positifnya atas partisipasi Indonesia dalam kegiatan tersebut dan mengharapkan Indonesia dapat kembali mengikuti kegiatan the 18th WMC yang akan diselenggarakan pada Juli 2017.

WMC edisi ke-17 (4 s/d 28 Juli 2013) diikuti oleh lebih dari 50 grup domestik dan internasional dengan partisipan dari 14 negara, antara lain Austria, Belgia, Denmark, Inggris, Irlandia, Jerman, Sapnyol, Meksiko, Jepang, Cina, Thailand, termasuk juga Indonesia.

WMC ke-17 ini dinilai merupakan edisi terbaik. “Ini merupakan edisi World Music Contest terbaik,” demikian Ketua Fewan Juri Henk Smit pada konferensi pers, Minggu (28/7/2013).

Selama penyelenggaraan WMC ke-17 ini diperkirakan sekitar 750 ribu penonton secara langsung telah menyaksikan acara tersebut. Acara juga mendapat liputan luas dari media di Belanda maupun mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *